Medan, hetanews.com - Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan di Kantor Camat Medan Marelan resmi bisa digunakan oleh masyarakat pada Kamis (14/1/2021). Satu unit mesin yang melayani pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri ini sebelum nya juga sudah diresmikan di Kantor Disdukcapil Medan.

Usai acara peresmian mesin ADM yang ditempatkan di Kantor Camat Medan Marelan, warta tampak mulai menggunakan mesin ADM untuk mencetak dokumen kependudukan.

Satu di antara nya adalah Hayati (42) yang mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) di mesin ADM. Ia mengaku dengan menggunakan mesin ADM, pengurusan KIA yang dilakukan Hayati menjadi lebih mudah dan sederhan

"Dengan menggunakan mesin ADM ini kita jadi bisa lebih mudah dalam mengurus dokumen kependudukan. Jadi seperti ATM dan tidak perlu tatap muka dengan petugas," ujarnya, Kamis (14/1/2021).

Hayati juga mengatakan pencetakan secara mandiri dengan menggunakan mesin ADM terkesan lebih modern.

"Ya, jadi lebih modern ya, kita scan kode batang, terus masukan PIN saja," ucapnya.

Warga lainnya, Alfan (37) mengatakan dengan pencetakan melalui mesin ADM dirinya bisa lebih menghemat waktu dalam mengantre.

"Kalau kita bersyukurnya ini tidak perlu lagi antre. Apalagi kaya kami ini yang bekerja, mengantre itu menghabiskan waktu sekali sampai-sampai harus ijin bekerja," ucapnya.

Namun, saat digunakan untuk mencetak Kartu Keluarga (KK) mesin ADM tampak masih mengalami gangguan. Warga sempat menunggu beberapa menit hingga mesin bisa mencetak KK.

"Iya, tadi sempat ada gangguan, enggak tahu juga penyebabanya apa," ucap Alfan.

Dia berharap jika nantinya penggunaan mesin ADM ini lebih masif, Alfan berharap pihak Kecamatan dapat memonitor penggunaan mesin sehingga jika ada gangguan bisa diselesaikan.

"Harapannya nanti kalau ini jadi digunakan secara lebih besar dan lebih banyak orang, bisa dikontrol penggunaan nya sehingga tidak ada lagi gangguan," sebutnya.

Sumber: tribunnews.com