Jakarta, hetanews.com - Alda Refa tak kuasa menahan kesedihan. Tangisnya pecah saat jenazah Okky Bisma (29), sang suami, dimakamkan, Kamis (14/1/2021).

Ia terisak sambil bingkai foto Okky, satu dari 60 korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021). 

Usai berhasil teridentifikasi Tim Disaster Victim Identification (DVI) pada Senin (11/1/2021) lalu, jenazah Okky Bisma dimakamkan hari ini di TPU Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pemakaman yang berlangsung sedari pukul 10.15 WIB ini dihadiri oleh keluarga inti termasuk sang istri, Aldha Refa.

Mengenakan kerudung hitam dan baju polkadot hitam putih, Refa tampak terisak sedari peti jenazah memasuki Taman Pemakaman Umum (TPU) Balekambang.

Air matanya kian deras dan isakan makin menggema ketika peti jenazah dimasukan ke liang lahat.

Meski suara pacul mengenai gundukan tanah merah memenuhi sekitar pemakaman, isakan Refa masih terdengar jelas. "Enggak apa-apa, nangis aja. Tapi jangan lupa istigfar," ujar seorang rekannya yang juga pramugari Sriwijaya Air.

Selain itu, Refa terus memegangi dan memeluk bingkai foto sang suami.

Baca juga: Curahan Hati Istri Pramugara Sriwijaya Air Setelah Jenazah Suami Ditemukan

Hal itupun ia lakoni ketika manabur bunga dan menyiram air mawar di atas pusaran sang suami.

Tak lupa, para pelayat turut memperingati dirinya agar tak menitikan air mata di atas pusaran sang suami, ketika dirinya memeluk liang lahat Okky.

Aldha Refa, istri Okky Bisma, pramugara Sriwijaya Air SJ-182 di pemakaman TPU Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021).

"Tunggu aku di sana"

Aldha Refa dirundung duka atas kepergian suaminya, Okky Bisma, yang menjadi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.  Aldha Refa menuliskan cerita pilunya ditinggal sang suami.

Ia merasa begitu syukur dengan kepedulian dari rekan dan teman sekitar mereka. Aldha menerangkan, meski banyak pengguna media sosial tak mengenal langsung namun mereka turut memberikan doa.

"Kamu tenang ya sayang. Istirahat di surga sayangku, tunggu aku disana," ucapnya.

Aldha Refa mengunggah mengenai undangan salat ghaib dan tahlilan yang akan digelar, Selasa malam (12/1). Aldha Refa rencananya menggelar acara tahlilan dan salat ghaib untuk kepergian sang suaminya.

Tertulis dalam undangan tersebut, acara tahlilan dan salat ghaib digelar di Cluster Imperial Terrace, Tangerang, setelah Isya.

Sebelumnya Aldha Refa sudah memperlihatkan kesedihan di media sosialnya usai kabar pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak itu hilang kontak dan jatuh.

Aldha ketika itu berharap Okky Bisma masih bisa bertahan dan ada mukjizat. "Suamiku kamu pasti bisa bertahan.

Mohon doanya teman2 semoga ada mukjizat dari Allah selamat suamiku semua tanpa kurang apa pun," tutur Aldha. Okky Bisma diketahui merupakan satu diantara 40 penumpang di pesawat Sriwijaya Air SJ182.

YouTuber Faisal Rahman dan makeup artist Syifa Kamila juga berada di maskapai tersebut. Sriwijaya Air SJ182 hilang kontak pada Sabtu (9/1) lalu. Setelah ditelusuri, pesawat itu jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Para artis begitu berduka atas kejadian tersebut. Beberapa dari mereka seperti Chef Aiko dan Arie Untung mengenal beberapa korban Sriwijaya Air SJ182.

Tunggu Pesertujuan Pihak Keluarga. Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri siap menyerahkan jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Okky Bisma.

Namun, polisi saat ini masih menunggu persetujuan pihak keluarga. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas (Karopenmas Divhumas) Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (12/1/2021).

"Pada prinsipnya tim DVI sudah siap, tetapi menunggu kesepakatan keluarga. Kemungkinan ada temuan bagian-bagian tubuh dari korban yang masih bisa ditemukan. Kami masih menunggu kesepakatan pihak keluarga," kata Rusdi.

Adapun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) telah menerbitkan akta kematian Okky Bisma.

Sementara itu, pihak Jasa Raharja akan menyerahkan santunan ke keluarga Okky. "Hari ini kami akan serahkan santunan kepada ahli waris," ujar Direktur Operasional PT Jasa Raharja Amos Sampetoding, Selasa.

Hingga saat ini, tim DVI berhasil mengidentifikasi satu korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, yakni atas nama Okky Bisma. Okky Bisma berusia 30 tahun, warga Kramatjati, Jakarta Timur. Okky berhasil diidentifikasi berkat pencocokan antara sidik jari antemortem dan postmortem.

"Kami menemukan 12 titik kesamaan (pada jari telunjuk kanan) dan itu cukup untuk memastikan bahwa orang ini adalah orang yang sama," ujar Kapusinafis Polri Brigjen Pol Hudi Suryanto, Senin.

Adapun pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, pada Sabtu lalu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pesawat mengangkut 62 orang yang terdiri dari enam kru, 46 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sempat keluar jalur penerbangan, yakni menuju arah barat laut pada pukul 14.40 WIB. Pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot mengenai arah terbang pesawat.

Namun, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak hingga akhirnya jatuh di perairan Kepulauan Seribu. (*)

sumber: tribunnews.com