Siantar, Hetanews.com - Banjir yang kerap menimpa Gang Setia, Jalan Simbolon, kelurahan Teladan, kecamatan Siantar Selatan Kota Pematangsiantar. Lurah Teladan mengaku sudah pernah datang ke TKP bersama dengan lurah dan BPBD Siantar untuk mencari solusi.

Sebelumya Selasa (12/1/2021) pasca banjir kemarin, warga yang terdampak banjir mengaku belum mendapat bantuan. Pihak BPBD Siantar mengaku belum mendapatkan data dari pihak kelurahan. Rumei Conny Purba selaku lurah Teladan saat dikonfirmasi hetanews Rabu, (14/1/2020) mengaku sudah memberikan data kepada pihak BPBD.

"Banjir itu sudah berulang-ulang terjadi karena memang wilayah itu DAS. Jadi kitapun sudah prioritaskan untuk pembangunan lanjutan tembok penahan," ujarnya.

Baca juga: Banjir Di Gang Setia Jalan Simbolon

"Suratnya juga sudah kita masukan ke BPBD Siantar dan sudah diusulkan agar menjadi prioritas pembangunan tembok penahan," tegasnya.

Menurut pengakuan dari lurah teladan banjir yang kerap terjadi kalau curah hujan tinggi di Simalungun.

"Kadang disini belum hujan tapi kalo di Simalungun sudah hujan, debit air disini naik bang. kalau cuman di Siantar aja hujan deras lokasi itu tidak akan banjir," ujarnya.

Baca juga: Puluhan Rumah Terendam Banjir Di Siantar

Saat di singgung hetanews terkait penanganan korban yang terdampak kemarin, apakah sempat di evakuasi?

"Korban tidak ada bang. Barang-barangnya saja itu yang tergenang. Kalo kerugian belum bisa ditaksir. Karena barang yang tergenang dan masyarakat biasanya sudah memprediksi kalo mau datang banjir jadi biasanya barang- barang sudah dinaikkan," ceritanya.

Rumei Conny Purba berharap semoga setelah pembangunan tembok penahan selesai, masyarakat kita tidak terkena banjir lagi.

Baca juga: BPBD: Banjir terparah di Jalan Simbolon

"Kita menunggu tindak lanjut dari BPBD bang. Sekitar dua minggu lalu  kita sudah turun bersama Camat, BPBD, dan anggota dewan bang dan hasilnya pembangunan tembok penanahan lanjutan," harapnya.