Medan, hetanews.com - Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) mendistribusikan 34.060 vial vaksin Covid-19 untuk Kota Medan, Binjai dan Kabupaten Deli Serdang (Mebidang).

Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Sumut, Nellly Murni menyampaikan, Kota Medan menerima 20.000 vial vaksin, Binjai 5.000 vial dan Deliserdang sebanyak 9.060 vial.

"Distribusi ini dilakukan langsung dari gudang farmasi Dinas Kesehatan Sumut, di Jalan Thamrin Medan. Kita juga distribusikan serum ADS, alkohol swab dan safety box," ujar Nelly Murni, Rabu (13/1/2021).

Nelly mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Bio Farma untuk mendistribusikan vaksin ke kabupaten/kota selain di kawasan Mebidang. Proses distribusi vaksin Sinovac segera dilakukan setelah dikirim dari pusat.

Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilance, Dinas Kesehatan Binjai, Noni Lusiana Sipahutar menyebutkan, jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin di Kota Binjai sebanyak 2.490 orang. Sedangkan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 5.000 vial.

"Untuk setiap orang tenaga kesehatan akan mendapatkan 2 kali dosis penyuntikan vaksin. Sisa dari vaksin ini akan digunakan terhadap pimpinan daerah, pemuka agama maupun tokoh masyarakat," jelasnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, Muthia Nimphar menyampaikan, pihaknya sudah menerima 20.000 vaksin yang didistribusikan Dinas Kesehatan Sumut.

"Untuk tahap pertama vaksinasi pada 15 Januari nanti, ada sebanyak 10.000 orang tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin. Lokasi penyuntikan vaksin ini dilaksanakan di rumah sakit dan 41 puskesmas di Medan," sebutnya.

Kadis Kesehatan Deliserdang, Ade Budi Krista menyampaikan, pihaknya sudah menerima 9.060 vaksin yang didistribusikan Dinas Kesehatan Sumut. Oleh karena itu, pihaknya sudah siap melakukan vaksinasi.

"Selain Rumah Sakit Umum (RSU) Deli Serdang, lokasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan dilakukan di 34 puskesmas di Deli Serdang. Seluruh tenaga kesehatan kita sudah tidak sabar untuk disuntik vaksin," sebutnya.

Sumber: beritasatu.com