Siantar, Hetanews.com - Duka pasca Pilkada Siantar kembali terulang. Walikota terpilih Pilkada Siantar 2020, Asner Silalahi tutup usia hari ini, Rabu (13/1/2021) sore pukul 17.30 di RS Colombia, Kota Medan.

Paslon Tunggal Pilkada Siantar Asner Silalahi- Susanti Dewayani unggul telak lawan Kolom Kosong di Pilkada Siantar, Rabu 9 Desember 2020. 

Sesuai hasil quick count yang dilakukan Paslon tunggal, perolehan suara Asner-Susanti sebanyak 87.674 suara dan 25.895 suara kolom kosong. Sementara suara tidak sah mencapai 987 suara.

Saat memberikan keterangan Pers di kediamannya, Jalan Sidamanik, Kelurahan Martimbang, Siantar Selatan, Rabu 9 Desember 2020 malam, Asner menyampaikan pesan pesan politiknya.

Pria 59 tahun besar di Kota Siantar ini mengajak warga Siantar untuk tetap bersatu. Menurutnya beda pilihan merupakan dinamika politik namun usai Pilkada warga tetap bersatu.

"Saya meminta kepada warga Siantar tetaplah berdemokrasi dengan etika. Kedepannya mari beradu pengetahuan, visi dan misi dan itulah demokrasi," ucap Asner yang saat itu didampingi wakilnya, dr Susanti Dewayani.

Pada kesempatan ini Asner juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara Pemilu yang melaksanakan Pilkada dengan protokol kesehatan yang ketat. 

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Siantar yang telah memberikan dukungan. Kedepan kita akan mewujudkan visi dan misi kami Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas," ucap Asner.

Pilkada Siantar 2020 diikuti calon tunggal Asner-Susanti.  Paslon ini diusung seluruh Parpol yang memiliki kursi di DPRD Kota Siantartar. Diantaranya PDI Perjuangan,Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI.

Sebelumnya, Asner Silalahi dikabarkan meninggal dunia di RS Colombia Kota Medan, Rabu sore sekitar pukul 17.30 WIB.

Kabar duka meninggalnya Calon Tunggal Walikota Siantar 2020 itu dibenarkan oleh Anggota DPRD Siantar, Boy Iskandar Worongan.

"Iya benar," kata Boy melalui sambungan telepon, Rabu Sore.

Setelah mendangar kabar duka, Anggota DPRD dari Fraksi PAN Persatuan Indonesia itu, berencana langsung mengunjungi ke rumah sakit Colombia. "Ini mau ke rumah sakit," ucapnya.

Kabar ini mengingatkan duka Pasca Pilkada, dimana  Walikota  Siantar terpilih 2015-2020, Hulman Sitorus, meninggal dunia pada Kamis, 8 Desember 2016 sekitar pukul 04.00. 

Dari kisah ini dua pemenang Pilkada Siantar tercatat tidak sempat dilantik karena lebih dulu berpulang kepada sang pencipta.

Baca juga: Sebelum Asner Silalahi Berpulang, Almarhum Kehilangan Kakak Kandung