Hetanews.com - Juru taktik Atletico Madrid, Diego Simeone, dinobatkan menjadi pelatih terbaik satu dekade terakhir. Simeone mengalahkan nama-nama beken lainnya termasuk Zinedine Zidane dan Josep "Pep" Guardiola.

Simeone dipilih sebagai pelatih terbaik satu dekade terakhir (2011-2020) oleh Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola (IFFHS). Melansir Daily Mail, Rabu (13/1/2021), IFFHS memilih Diego Simeone sebagai pelatih terakhir sedekade terakhir setelah pria Argentina itu mampu membawa Atletico Madrid meraih kejayaan.

Dalam peringkat IFFHS, Simeone menduduki posisi pertama dengan raihan 152 poin. Pelatih kelahiran Buenos Aires itu mengungguli Pep Guardiola (144) yang berada di peringkat kedua, dan Juergen Klopp yang menempati posisi ketiga.

Perolehan poin Diego Simeone bahkan unggul jauh atas juru racik Real Madrid, Zinedine Zidane (59). Menurut IFFHS, Simeone telah melakukan hal luar biasa bersama Atletico Madrid selama satu dekade terakhir.

Bersama Simeone, Atletico sukses meraih satu gelar LaLiga, satu Copa del Rey, satu Supercopa Espana, dan dua Liga Europa. Selain itu, Simeone juga membawa Atletico memenangi dua trofi Piala Super Eropa serta dua kali tampil di final Liga Champions.

Dalam satu dekade terakhir, koleksi trofi Eropa yang diraih Simeone memang tidak sebanyak Zidane. Simeone juga tidak punya gelar juara liga sebanyak Guardiola. Namun, berdasarkan perhitungan poin yang dilakukan oleh IFFHS, Diego Simeone lebih unggul dari dua pelatih tersebut.

"Keteraturan dan kekuatannya membuat perbedaan untuk memenangi Penghargaan Dekade 2011-2020," bunyi pernyataan IFFHS.

Diego Simeone mulai menukangi Atletico Madrid pada Desember 2011, menggantikan Gregorio Manzano. Pada musim pertamanya, Simeone berhasil membawa Atletico menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Athletic Bilbao tiga gol tanpa balas pada final yang digelar di Bucharest, Rumania.

Musim ini, Atletico Madrid menunjukkan penampilan impresif di bawah arahan Diego Simeone. Klub berjulukan Los Rojiblancos itu menguasai puncak klasemen LaLiga, kompetisi teratas Liga Spanyol, musim 2020-2021 hingga pekan ke-18.

Atletico Madrid bertengger di puncak klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 41 poin dari 16 pertandingan, unggul empat angka atas Real Madrid yang menghuni peringkat kedua.

Sumber: kompas.com