Siantar, Hetanews.com - Duka pasca Pilkada di Kota Siantar kembali terulang. Walikota terpilih Pilkada Siantar,  Asner Silalahi tutup usia, hari ini Rabu (13/1/2021) sore sekitar pukul 17.30 WIB di RS Columbia, Kota Medan.

Kandidat calon tunggal Asner Silalahi dan Wakilnya dr Susanti Dewayani baru saja memenangkan Pilkada Siantar 9  Desember 2020. 

Paslon Aner Susanti dengan julukan PASTI berhasil meraih sebanyak 87.674 suara dari tandingannya  kolom kosong dengan perolehan 25.895 suara sesuai dengan hasil hitung cepat.

"Saya meminta kepada warga Siantar tetaplah berdemokrasi dengan etika. Kedepannya mari beradu pengetahuan, visi dan misi dan itulah demokrasi," ucap Asner memberikan keterangan kepada Pers usai pemungutan suara, Rabu 9 Desember 2020 di kediamannya.

Kepergian Kakak kandung

Dibalik kemenangan Asner Silalahi sebagai Walikota terpilih,  duka tiba tiba mendatangi keluarga besarnya. 

Mangatur Silalahi, kakak kandungnya meninggal dunia karena sakit usai memastikan dan mengantar keberhasilan adiknya menjadi Wali Kota Siantar

Mangatur menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu Rumah Sakit (RS) di Kota Medan karena sakit, Rabu 9 Desember 2020 sore. Kabar ini juga dikonfirmasi keluarga Asner melalui media sosial beberapa waktu lalu.

Jarang muncul 

Tak lama setelah duka itu menghampiri, Asner Silalahi jarang tampil di muka publik. Pasca Pilkada dan  perayaan Natal dan Tahun Baru, kediamannya di Jalan Sidikalang, Kelurahan Martimbang, Siantar Selatan selalu tampak sepi.

Belakangan muncul kabar Asner mengalami sakit sebelum perayaan Natal 2020. Dari dokumentasi foto menunjukkan, sosok Asner terbaring dirawat di rumah sakit menggunakan alat bantu pernapasan, merayakan Natal bersama keluarga.

Meski begitu, Walikota terpilih itu tidak lupa mengucapkan selamat Natal dan perayaan tahun melalui media papan reklame, kepada warga Siantar. 

Dilain sisi, Pria 59 tahun itu dikabarkan sempat menjalani perawatan di RS Kota Medan karena terpapar Covid 19. 

Meski demikian, hasil pemeriksaan PCR laboratorium RS Colombia yang beredar seiring dengan kabar kematiannya, menyatakan Asner Negatif Covid 19.

Duka pasca Pilkada Siantar

Ayah tiga orang anak itu hari ini, tepat pada Rabu 13 Januari 2021, telah berpulang. Warga Siantar berduka ditengah hujan yang akrab menyapa. Ucapan bela sungkawa pun terus membanjiri sosial media.

Kepergian Asner Silalahi  mengingatkan duka Pasca Pilkada, dimana  Walikota  Siantar terpilih periode 2015-2020, Hulman Sitorus, meninggal dunia pada Kamis, 8 Desember 2016.

Dua pemenang Pilkada Siantar ini tak sempat dilantik sebagai Walikota Siantar karena lebih dulu berpulang kepada sang pencipta.

Baca juga: Asner Silalahi Dikabarkan Meninggal Dunia Di RS Colombia