Medan, hetanews.com - Proses vaksinasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/1/2021) besok. Gubernur Sumut, Edy Rahmyadi bersama 10 pejabat lainnya di lingkungan Pemprov Sumut akan menjadi penerima vaksin awal. 

Ketua Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Aji meminta seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskannya program vaksinasi Covid-19 di Sumut. Vaksin Sinovac asal China sudah melalui uji klinis di Biofarma. Tak hanya itu, izin pemakaian vaksin juga sudah diberikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Vaksin ini juga juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)," ujarnya.  Dimas mengatakan saat ini masih ada keraguan di masyarakat terkait efektivitas vaksin tersebut dalam menekan penyebaran Covid-19. 

"Dengan sudah dipenuhi semua persyaratan dan melewati proses di berbagai lembaga terpercaya, maka tidak ada lagi alasan untuk takut divaksin," ucapnya. 

Setelah Presiden RI, Joko Widodo yang menjadi orang pertama melakukan vaksin Covid-19 pada hari ini, Rabu (13/1/2021), dijadwalkan besok sepuluh pejabat Sumatera Utara (Sumut) juga siap divaksin Covid-19 di Posko Satgas Covid Provinsi Sumut, Kamis (14/1/2021).

"Dari sepuluh pejabat yang terdaftar ini, ada 3 diantaranya telah memberikan konfirmasi dan siap divaksin Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan. 

Tiga pejabat dari Provinsi Sumut ini, yakni  pertama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi kemudian salah seorang Wakil Ketua DPRD Sumut menggantikan Ketua DPRD Sumut, dan Kepala Dinkes Sumut. 

"Saat ini kami sedang menunggu konfirmasi dari Pangdam karena beliau sedang ke Jakarta. Kami juga menunggu konfirmasi dari Polda Sumut, MUI dan tokoh agama lainnya," ujarnya.

Sumber: inews.id