Siantar, Hetanews.com – Pada tahun 2017 silam, kota Pematangsiantar menggelar pilkada serentak dan menetapkan alm Hulman Sitorus sebagai walikota terpilih. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang saat itu menjabat, dijadwalkan akan melantik Alm Humlan Sitorus sebagai Walikota dan Hefriansyah sebagai Wakil Wali Kota Pematang Siantar berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 132.12-2058 Tahun 2017 tertanggal 2 Februari 2017 untuk masa jabatan 2017-2022.

Pada akhirnya Hefriansyah seorang yang datang menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, karena pasangannya, Wali Kota terpilih Hulmas Sitorus telah meninggal dunia.

Gubernur saat itu menyatakan, kursi wali kota untuk sementara kosong. Kondisi ini mengharuskan DPRD Pematang Siantar segera melaksanakan rapat paripurna untuk mengusulkan wakil wali kota menjadi wali kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Foto:  Asner bersama keluarga di malam natal

Siapa sangka, kejadian kembali berulang 3 tahun kemudian dikota yang menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Utara. Pilkada serentak yang digelar pada 9 Desember 2020 silam menetapkan pasangan calon Asner – Susanti sebagai pasangan pemenang pilkada mengalahkan kotak kosong.

Hari ini sekitar pukul 17.30 wib Rabu (13/1/2021) terdengar kabar dukacita bahwasanya walikota terpilih hasil pilkada desember kemarin telah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Columbia Asia, Medan.

Kabar ini tentu menyesakkan bagi banyak pihak termasuk seantero warga pematangsiantar dan perantau asal siantar. Penelusuran redaksi hetanews, ucapan turut berbelasungkawa mengalir deras hampir di semua kanal medsos warga siantar dan perantau.

Foto: Surat RS Columbia Asia yang menyatakan almarhum negatif covid-19 

Sampai berita ini diturunkan, redaksi masih menunggu konfirmasi penyebab meninggalnya namun berdasar surat yang diperoleh dari RS diketahui bahwa Almarhum Asner Silalahi negatif covid-19.

Baca juga: Walikota Terpilih Siantar, Asner Silalahi, Dikabarkan Meninggal Dunia