Medan, hetanews.com - Sebanyak 34.060 dosis vaksin Covid-19 didistribusikan ke 3 kabupaten/kota di Sumatera Utara, Rabu (13/1/2021). Ketiga daerah itu yakni Deli Serdang, Kota Binjai dan Kota Medan. Nantinya, setiap tenaga kesehatan yang sudah terdata akan mendapatkan 2 dosis vaksin.

Saat ditemui di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumut Nellly Murni mengatakan, vaksin yang didistribusikan ke Deli Serdang sebanyak 9.060 dosis. Kemudian Kota Binjai mendapat 5.000 dosis. Sementara Kota Medan mendapat sebanyak 20.000 dosis.

"Selain vaksin, juga kita distribusikan perbekalan di dalam pelaksanaan vaksin. Terdiri dari ADS, alcohol swab dan safety box. Alhamdulillah sampai hari ini yang sudah direncanakan sudah berjalan dengan lancar," kata Nelly.

Sementara itu, untuk kabupaten/kota lainnya, Dinkes masih menunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2.

"Kita tunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap 2, nantinya akan didistribusikan kepada kabupaten/kota lainnya," kata dia.

Pengelola vaksin yang merupakan Seksi Imunisasi dan Surveilance Dinkes Kota Binjai Noni Lusiana Sipahutar menjelaskan, pihaknya membawa sebanyak 5.000 vial untuk vaksinasi yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Di Kota Binjai, terdapat 2.490 tenaga kesehatan yang akan mendapatkan 2 dosis vaksin.

"Kita mendapatkan 5.000 vaksin untuk memenuhi kuota tenaga kesehatan yang akan disuntik tahap pertama ini, sebanyak 2.490 sasaran nakes di Kota Binjai," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan Mutia Nimphar menjelaskan, Kota Medan mendapatkan 20.000 vaksin beserta logistiknya seperti alkohol, swab dan lainnya.

"20.000 untuk Medan ini kan untuk awal, untuk tenaga kesehatan dulu sesuai arahan," kata Mutia.

Dengan demikian, jumlah tenaga kesehatan di Kota Medan yang akan menjalani vaksinasi sebanyak 10.000 tenaga kesehatan.

Sumber: kompas.com