Siantar, hetanews.com - Seluruh hakim, panitera dan pegawai Pengadilan Negeri Pematangsiantar melakukan penandatanganan Pakta Integritas, Rabu (13/1/2021) bertempat di ruang sidang utama. 

Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar Derman Nababan SH MH menekankan kepada seluruh jajarannya jika penandatangan jangan hanya menjadi acara seremonial saja tetapi menjadi komitmen bersama untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya berdasarkan peraturan perundang undangan.

“Pakta Integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme,” kata Nababan.

Ketua PN Siantar Derman Nababan saksikan penandatangan Pakta Integritas. (Foto/ay)

Lebih lanjut dikatakannya, jika setiap tahunnya jajaran Mahkamah Agung melakukan penandatangan Pakta Integritas yang esensinya adalah komitmen dari diri sendiri sanggup melaksanakan tugas sesuai tupoksinya berdasarkan peraturan perundang undangan. Semua bekerja sesuai peraturan yang ada. Hakim juga punya kode etik untuk ditaati dan dilaksanakan, jelasnya.

Setiap awal tahun dilakukan pembaharuan. Penandatangan pakta integritas bukan hanya lingkungan Mahkamah agung tapi seluruh jajaran di Indonesia. 

Penandatangan pakta integritas menjadi komitmen dalam bekerja sepanjang tahun 2021, bukan hanya seremonial saja tapi menjadi kesepakatan bersama untuk mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan Wilayah Bebas Korupsi (WBBM/WBK).

Dalam kesempatan tersebut, Nababan juga menekankan seluruh jajarannya agar secara tepat waktu menginput agenda persidangan, baik tuntutan dan putusan. Putusan harus diinput jangan sampai lewat 7 hari karena semua dinilai oleh sistem, tegasnya.