Simalungun, hetanews.com - Masyarakat Nagori Sihemun Baru Kecamatan Dolok Pardamean mengapresiasi kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun. Setelah menerima laporan pengaduan (Lapdu) dari masyarakat, tim Kejari bersama inspektorat langsung turun ke Nagori Sihemun Baru Selasa (12/1/2021).

Tim Kejari Simalungun dipimpin David Siregar selaku staf Intelijen melakukan pengecekan fisik sejumlah pekerjaan yang dilaporkan warga. Diantaranya, proyek peningkatan jalan, pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan yang dikerjakan dari Dana Desa TA 2017 s.d TA 2019 yg diduga dilakukan oleh oknum Pangulu Nagori Sihemun Baru, MS.

David Siregar dalam penjelasannya kepada warga mengatakan, jika pihak kejaksaan bersama Inspektorat serius menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut. Dalam lapdu tersebut, pihaknya melakukan Pulbaket dan Puldata (Pengumpulan bahan keterangan dan pengumpulan data)

Demikian dikatakan Maringan Simanihuruk, salah seorang warga kepada Hetanews melalui pesan WA nya, Rabu (13/1/2021).  "Kami dari Kejari Simalungun bersama inspektorat akan berkoordinasi menghitung kerugian dalam pekerjaan yang dilakukan MS selaku pangulu," kata Maringan menirukan ucapan David Siregar.

Saat turun ke lapangan, David juga telah memintai sejumlah keterangan beberapa warga. Sehingga ditemukan adanya beberapa dugaan kecurangan.

Warga sangat mengapresiasi kinerja Kejari Simalungun yang telah turun kelapangan sebagai salah satu wujud komitmen kejaksaan negeri simalungun dalam memberantas dan menuntaskan dugaan korupsi yg terjadi di nagori sihemun baru. 

Warga berharap kasus ini diproses secepatnya hingga tuntas guna memberikan dampak positif dan edukasi bagi siapapun nanti pangulu berikutnya di nagori sihemun baru. Sehingga pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM di nagori sihemun baru bisa tercapai  dengan baik, sebagaimana cita-cita besar Presiden Jokowi yakni membangun indonesia dari desa, kata Manihuruk.

Kasi Intelijen Kejari Simalungun di tempat terpisah ketika ditanya heta membenarkan jika kasus tersebut ditindaklanjuti.

"Benar, yang jelas laporan masyarakat tersebut kami tindak lanjuti," ungkapnya.

Baca juga: Masyarakat Laporkan Penghulunya Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Bansos