Simalungun, Hetanews.com - Masyarakat Nagori Sihemun Baru Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun melaporkan oknum Pangulunya berinisial MS ke Kejaksaan Negeri Simalungun terkait dugaan korupsi penggunaan Dana Desa tahun 2007-2019. Warga menyebutkan dugaan penyimpangan dana desa mencapai ratusan juta rupiah seperti yang disampaikan kepada wartawan pada Rabu (13/1/2021)

Dalam laporan warga tertanggal 25 November 2020 lalu ke Kejari Simalungun menyebutkan sejumlah bukti penyimpangan yang dilakukan pangulu dari beberapa kegiatan. Adapun fakta-fakta yang ditemukan oleh marsyarakat Nagori Sihemun Baru, kecamatan Dolok Pardamean yang mengindikasikan bahwa patut diduga telah terjadi perbuatan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Pangulu MS  atas dana yang bersumber dari Dana Desa Sihemun Baru TA 2017-2019.

Antara lain berupa sejumlah proyek pembangunan dan peningkatan jalan, pembukaan jalan di kampung baru dan pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil / balita.

Surat laporan warga ke Kejari Simalungun
Surat laporan warga ke Kejari Simalungun

Menurut salah seorang warga, Maringan Simanihuruk, yang juga sebagai pelapor kepada hetanews melalui pesan whatsapp pada Rabu (13/1/2021) mengatakan jika dirinya sudah dimintai klarifikasi terkait pelaporan tersebut. 

Dalam laporan dugaan korupsi tersebut turut dilampirkan berkas ringkasan detail perhitungan dari sisa dana pekerjaan yang diduga disalahgunakan, LPJ Dana Desa TA 2017, 2018 dan 2019. Laporan pengaduan masyarakat tersebut juga dikirim ke Kejatisu dan inspektorat sebagai tembusan.

Sementara itu Kasi Intel Kejari Simalungun Ratno TH Pasaribu yang dikonfirmasi melalui pesan WA siang itu membenarkan ada menerima laporan tersebut. Ia mengatakan jika pihaknya telah menindaklanjuti laporan masyarakat itu.