Hetanews.com - PSSI memastikan bahwa timnas U19 Indonesia akan pulang lebih cepat dari training center (TC) atau pemusatan latihan di Spanyol. Kepulangan lebih awal skuad besutan Shin Tae-yong itu dipastikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Timnas U19 Indonesia dijadwalkan bakal pulang ke Tanah Air dari Spanyol pada Rabu (13/1/2021) waktu setempat. Alasan memulangkan timnas U19 lebih cepat, kata Yunus, karena mereka tidak bisa menjalani pertandingan uji coba di Spanyol.

"Kami akhirnya memulangkan timnas U19 lebih cepat. Hal ini karena timnas U19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan," tutur Yunus dikutip dari laman resmi PSSI.

Yunus memastikan kepulangan timnas U19 setelah melihat perkembangan di Spanyol serta berkomunikasi dengan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri," imbuh Yunus.

Kepulangan skuad timnas U19 ke Indonesia itu lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun. Awalnya, David Maulana dkk bakal menjalani TC di Spanyol hingga 31 Januari 2021.

Yunus menjelaskan, rangkaian laga uji coba di Spanyol batal dilaksanakan karena pemerintah setempat tidak memberikan izin di tengah masa pandemi Covid-19. Hal itu membuat pasukan Shin Tae-yong tidak bisa mendapatkan lawan untuk uji tanding.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah setempat karena Spanyol pandemi Covid-19 masih tinggi," ucap Yunus.

"Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol," kata dia menambahkan.

"PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," ujar Yunus.

Adapun timnas U19 Indonesia yang tiba di Spanyol pada akhir Desember 2020 telah berada di Negeri Matador selama lebih dari dua pekan. Selama di Spanyol, para pemain timnas U19 hanya melakukan latihan di lapangan, gym dan menggelar pertandingan internal. Skuad timnas U19 Indonesia dijadwalkan bakal mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Kamis (14/1/2021).

Sumber: kompas.com