Siantar, Hetanews.com -  Beberapa warga yang terdampak Banjir di Gang setia, Jalan Simbolon, kelurahan Teladan, kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar keluhan sikap Pemko yang sampai siang Hari pukul 11.00 wib, tidak datang untuk memberikan bantuan maupun mendata masyarakat yang terdampak banjir, Selasa (12/1/2020).

Menurut salah seorang warga air sudah naik sampai masuk ke rumah sekitar pukul 20.30 WIB  sebelum hujan turun dan setelah hujan turun air semakin naik dan mencapai selutut orang dewasa.

"Kejadian ini sudah pernah. Inilah resiko kita yang tinggal di pinggiran sungai ini bang. Kalau di sini hujan kita tidak akan kena banjir akan tetapi kalau hujan deras di atas barulah air meluap dan siaplah kita teredam banjir," ujarnya.

Saat di singgung hetanews apakah pihak Pemko Siantar sudah ada datang ke mari. Ibu rumah tangga tersebut mengatakan pihak BPBD malam tepat pada waktu banjir sudah datang untuk melihat.

"Pihak BPBD memang sudah datang tadi malam bg tapi cuman tadi malam saja. Kalau dari pagi hingga siang ini belum ada yang datang baik dari kelurahan maupun pihak BPBD untuk mendata dan memberikan bantuan kepada kami," ujarnya kesal.

"Inilah resiko kami yang tinggal di pinggiran sungai ini bang. Untuk bantuan berupa 1 bungkus Nasi aja tidak ada datang. Padahal sudah lama kami keluhkan kepada pihak pemerintahan agar di buatkan solusi dan di bangun tembok penahan air di pinggiran sungai akan tetapi sampai detik ini tidak ada terlaksana," ujar masyarakat lainnya dengan nada tinggi.

Di tempat terpisah, PLT kepala dinas BPBD Daniel Siregar mengatakan bahwa timnya pada waktu banjir sudah datang ke lokasi banjir. 

"Kita tadi malam langsung ke TKP. Kan warga belum ada datang melaporkan kepada kita meminta bantuan," ujarnya.

"Kalau sesuai prosedur kan lurah itu harus memberikan data berapa warga yang terdampak dan apa yang di butuhkan warga yang terdampak baru kita bisa memberikan bantuan. Hingga saat ini lurah belum ada datang melapor kepada kita," Tambahnya.

Hingga berita ini di terbitkan Lurah Teladan belum dapat dikonfirmasi awak hetanews.