Hetanews.com - Sebuah unggahan video mengenai sebuah truk yang terguling ke Sungai Barito viral di media sosial. Unggahan tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram @mememedsos.

“Detik-detik Truk tercebur di dermaga Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalsel. Belum diketahui pasti kronologis penyebab kejadian tsb, diduga karena tdk kuat menajak saat mau masuk kedalam kapal. Terlihat sopir & satu orang temanya berhasil keluar dengan selamat dari dalam fuso. Sabtu (09/01) sekitar jam 18:10”, tulisnya.

Meski demikian, sopir dan seorang penumpang terlihat berhasil keluar. Beragam komentar muncul terkait hal itu.

“Kasihan bgt kalo liat beginian,susah payah cari uang malah kena musibah kaya gitu,semoga urusannya gampang dan lancar deh,” tulis akun @antiyuli782.

“Baru juga berduka soal pesawat mas, turut berduka juga deh buat mas nya:)),” komentar akun @rynprtamaaa.

“Semoga urusannya di perlancar dan dikasih kesabaran ya pakk,"  ujar akun @mau.lidiiii.

Posting ini juga dibagikan sejumlah netizen di media sosial Twitter, salah satunya akun @widodogroho.

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Aryansyah melalui Kasi Humas Aipda Herjani membenarkan adanya peristiwa tersebut. Kejadian dalam video tersebut terjadi pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 18.00 Wita di Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Ia menjelaskan, truk Fuso tersebut mengangkut besi tua. Dari penjelasan Herjani, peristiwa tersebut terjadi sewaktu truk yang dikemudikan oleh Ari Septian tersebut hendak naik ke atas kapal KM Dharma Kartika IX yang tengah bersandar di Pelabuhan Trisakti melalui ramp door kapal.

 “Saat itu truk tidak kuat untuk naik sampai bibir geladak/ramp door atas kapal dikarenakan beban rongsok/muatan besi tua terlalu berat dengan posisi ramp door yang tinggi sehingga truk Fuso meluncur mundur ke belakang,” ujarnya sebagaimana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Truk tersebut, imbuhnya, kehilangan kendali karena tidak mampu mengerem hingga akhirnya menabrak pembatas pagar sebelah kanan pintu keberangkatan kapal.

“Truk langsung terguling/tercebur ke sungai. Selanjutnya korban juga langsung keluar melalui pintu kaca truk untuk menyelamatkan diri,” katanya lagi.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Saat disinggung terkait dengan kerugian, sejauh ini masih belum bisa ditentukan.

Sumber: kompas.com