Jakarta, hetanews.com - Warga di Langkat, Sumatera Utara, dicekam ketakutan. Harimau lagi-lagi berkeliaran memangsa ternak mereka. Kali ini, harimau Sumatera itu memangsa dua ekor lembu milik warga.

"(Dua) lembu ini sebenarnya korban dari dimangsa harimau Sumatera yang di Dusun Selayang, Desa Laudamak, Kecamatan Bahorok. Kejadiannya 6 Januari 2021," kata Kasi Wilayah 2 Stabat BBKSDA Sumut, Herbert P Aritonang, kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Herbert meminta warga tidak lagi melepaskan hewan ternak di sekitar lokasi hutan. Dia meminta warga tidak mendekati hutan, terutama saat malam hari.

"Dari beberapa kejadian selalu kita imbau, pertama merubah pola peternak. Ternak itu jangan dibiarkan apalagi malam hari. Kita juga mengimbau masyarakat mengurangi atau membatasi pergerakan ke dalam kawasan hutan terutama setelah gelap, jelang maghrib sampai subuh jangan masuk dulu, termasuk ternaknya dikandangi," jelasnya.

Diduga Harimau yang Sama Pemangsa Ternak Desember 2020

Kejadian serupa sempat terjadi pada Desember 2020. Lokasi lembu dimangsa harimau kali ini berjarak 800 meter dari penemuan bangkai lembu sebelumnya.

"Memang sampai sekarang hasil identifikasi kamera trap belum kita dapatkan, tapi lokasi ini berjarak 800 meter dari kejadian sebelumnya. Terakhir 25 Desember 2020, jadi dugaan kita, masih kita duga ini masih harimau yang sama," ungkap Herbert.

Herbert mengatakan lokasi ditemukannya bangkai lembu ini berjarak 988 meter dari Gunung Leuser. Dia mengatakan lokasi ini masuk dalam wilayah hutan habitat harimau Sumatera.

"Jadi lokasi kejadian ini 988 meter dari taman nasional Gunung Leuser yang memang habitat harimau Sumatera," tuturnya.

Terekam Camera Trap

Aksi harimau memangsa ternak warga terekam kamera perangkap (camera trap) yang dipasang petugas BKSDA Sumut. Camera trap juga dipasang untuk melihat keberadaan harimau.

"Pengecekan bangkai lembu dan pemasangan enam unit camera trap," kata Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA Sumut, Teguh Setiawan, Selasa (29/12/2020).

Terlihat harimau tersebut tidak berperawakan yang benar-benar besar. Sapi yang dimangsanya pun tidak terlalu besar.Tampak hewan karnivora tersebut menarik sapi yang sudah terjatuh dari semak-semak menuju tempat yang lebih banyak pepohonannya. Hutan lokasi tersebut dikenal sebagai wilayah jelajah harimau Sumatera.

Meski berada di daerah Langkat, lokasi peristiwa tersebut hanya berjarak 2 kilometer dari Taman Nasional Gunung Leuser yang ada di Aceh. Harimau itu terus dipantau agar tak membahayakan masyarakat lainnya.

Sumber: detik.com