Medan, Hetanews.com - Sebanyak 17.146 sekolah negeri maupum swasta yang ada di Sumut masih menunggu keputusan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mengizinkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Lasro Marbun mengatakan, selama Gubernur Sumut belum mengeluarkan perizinan untuk KBM tatap muka antara guru dengan murid, maka proses belajar secara daring masih berlaku untuk tetap dilaksanakan sekolah.

"Bapak Gubernur Sumut masih melihat perkembangan situasi tengah pandemi Covid-19 di daerah ini. Beliau tidak mau terburu-buru mengeluarkan izin dan sangat tidak menginginkan pelajar terpapar virus corona," ujar Lasro Marbun, dilansir dari Beritasatu.com Senin (4/1/2021).

Berdasarkan data, terdapat 17.146 sekolah yang ada di Sumut, dengan perincian untuk sekolah dasar (SD) sebanyak 10.779 sekolah, sekolah menengah (SMP) berjumlah 3.747 sekolah, sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 1.617 sekolah dan SMK 1.003 sekolah.

Ditunda 

Sementara itu Gubenur Sumut, Edy Rahmayadi, melalui surat No: 420/001/2021 kepada Bupati/Walikota se Sumut tertanggal 4 Januari 2021 menyampaikan pembelajaran tatap muka pada awal 2021 di wilayah Sumatera Utara ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung di Sumut akan diberitahukan kemudian melalui surat dari Gubernur Sumut. 

Masih dalam surat Gubernur, setiap satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan khusus tetap melakukan persiapan kondisi, keadaan, situasi, prasarana, sarana dan peraturan teknis kebiasaan baru sehingga pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung setiap satuan pendidikan secara nyata sudah benar benar siap.

Baca juga: Kapolda Sumut Lantik PJU Dan Kapolres