Siantar, hetanews.com - Mengantisipasi penyebaran covid-19, Polres Siantar bertindak tegas, dengan melarang segala kegiatan yang mengundang keramaian di Kota Siantar.

Perayaan Natal dan Tahun Baru, diharapkan khidmat tanpa ada kerumunan. Ini merupakan himbauan dari Polres Siantar, melanjuntakan himbauan dari Mabes Polri.

Hal ini dikatakan oleh Kapolres Siantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar melalui Kasubag Humas, Iptu Rusdi Ahya. Langkah itu diambil Kepolisian merupakan bagian dari pengamanan operasi Lilin Toba 2020.

"Kita akan sampaikan himbauan (apabila ada kegiatan berkerumun). Demikian pula, untuk acara malam tahun baru," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (23/12).

Lanjut Iptu Rusdi lagi, selama masa Pandemi covid 19 pihak Polres Siantar tidak ada mengeluarkan izin keramaian termasuk untuk perayaan Natal dan Tahun baru. Yang berkerumun, polisi akan membubarkannya dan juga tak lupa menyampaikan agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Ini untuk mempersempit penyebaran covid- 19 di tahun baru maupun selepas tahun baru. "Hal ini untuk memperkecil (laju penyebaran Covid-19) di wilayah Kota Siantar," ujarnya.

Pihak kepolisian telah menyiapkan rencana Operasi Lilin Toba 2020 yang akan digelar secara kemanusiaan dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat. "Kita mengimbau pada masyarakat dalam rangka menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 agar tertib, tidak berkerumun dan selalu memakai masker," katanya.

Iptu Rusdi Ahya seraya menyarankan agar masyarakat di rumah saja saat perayaan malam tahun baru 2021.