Medan, Hetanews.com - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak, Jumat (25/12/2020) hingga Sabtu (26/12/2020) pagi tadi, kembali membuat perumahan Dr Flamboyan yang berada di Jln Flamboyan Raya Kelurahan Tanjung Selamat Kec Medan Tuntungan kebanjiran. 

 Pantauan di lokasi, Personil Rescuer Kantor SAR Medan langsung menurunkan Alut Perahu LCR untuk masuk ke area perumahan sekitar pukul 03.00 wib dengan ketinggian air sekitar 1,5 meter guna melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak di rumahnya. 

Berdasarkan informasi yang didapat, ketinggian air meningkat sekitar pukul 02.45 wib, dikarenakan air sungai Belawan  yang berada persis di samping Komplek perumahan itu meluap. Namun tidak semua warga mau dievakuasi dikarenakan ingin menjaga rumah mereka 

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, TNI, Dit Shabara Poldasu, BPBD dan instansi terkait lainnya berhasil mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi dan aman di Kantor Developer Perumahan De Flamboyan. 

"Begitu dapat informasi, kami langsung turun ke lokasi, untuk melakukan evakuasi dan saat ini air sudah mulai surut," ucap humas tim SAR Medan, Sariman Sitorus

Saat ini ketinggian air sudah surut dan Operasi SAR dinyatakan selesai dan dihentikan setelah keadaan warga dipastikan aman dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

Seperti diketahui, awal Desember lalu tujuh orang tewas dalam banjir yang terjadi di perumahan Dr Flamboyan.

Banjir terjadi disebabkan jebolnya tanggul Sungai Belawan yang tidak mampu menampung debit air sungai sehingga menggenangi rumah warga.  (sat)