Medan, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) selaku ketua satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Sumut, Edy Rahmayadi meminta pemerintah kabupaten dan kota menyiapkan ruang isolasi, sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Setiap daerah harus bisa mengantisipasi adanya pemudik yang berasal dari wilayah atau daerah zona merah, dengan terlebih dahulu dilakukan validasi surat keterangan sehat dan pengecekan suhu tubuh sebelum bergabung dengan keluarga,” ujar Edy Rahmayadi, Kamis (17/12/2020).

Melalui surat edaran Nomor 700/STPCOVID-19/XII, mantan Pangkostrad ini juga mengimbau masyarakat untuk membatasi perjalanan wisata ke luar kota.

"Masyarakat diharapkan sebisa mungkin berkumpul bersama keluarga di tempat tinggal masing-masing,” imbuhnya.

Menurut Edy Rahmayadi, peran serta masyarakat ini sangat dibutuhkan mengingat penyebaran virus corona masih berlangsung di wilayah Sumut. Sampai saat ini, Pemprov Sumut bersama dengan TNI dan Polri masih terus melakukan koordinasi dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

"Razia protokol kesehatan oleh aparat gabungan dibarengi penindakan dan pembagian masker juga terus dilakukan. Kita tetap mewaspadai lonjakan kasus Covid-19,” paparnya.

Edy Rahmayadi menilai, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat. Namun, masih ditemukan sebagian warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Hal ini terungkap saat petugas menggelar razia di berbagai kawasan.

"Petugas terpaksa menjatuhkan sanksi demi kebaikan warga. Langkah ini dilakukan petugas agar orang bersangkutan bisa melindungi diri, keluarga maupun orang sekitarnya. Jangan ada lagi orang yang menganggap sepele pandemi ini. Kita semua harus bersatu agar pandemi ini cepat berakhir," pungkasnya.

Baca juga: Gubsu Instruksikan Tak Ada Perayaan Tahun Baru, Minta Warga Doa di Rumah

Sumber: beritasatu.com