Simalungun, hetanews.com - Berdasarkan Satgas Covid-19 Provinsi perkembangan Covid-19 bulan November - Desember di Kabupaten Simalungun cenderung mendaftar dan bahkan menurun.

Hal itu disampaikan oleh Humas Satgas Covid-19 Simalungun Akmal Siregar saat di hubungi melalui seluler Rabu (16/12/2020).

Dikatakannya bahwa saat ini kabupaten Simalungun berada di zona Kuning.

Disinggung terkait adakah pembatasan pemudik jelang Natal dan tahun baru, Akmal Siregar menyampaikan mengacu pada peraturan Bupati no 26 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan di Simalungun tidak melihat kondisi karena sudah di atur.

"Kerumunan itu tidak melihat lonjakan hari H (natal dan tahun baru), tetapi itupun pada dasarnya satuan tugas itu adalah pelayanan masyarakat," kata Akmal.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang bersifat pesta ataupun kerumunan ada satuan tugas yang mengeluarkan izin rekomendasi bagi mereka yang meminta.

Dicontohkannya, izin perkawinan akan dikeluarkan rekomendasi dengan melihat daerah dan kajian epidemiologi-nya.

Berdasarkan peta persebaran covid-19 di Simalungun orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 23 orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 27 orang dimana yang masih dirawat 17 orang dan isolasi mandiri 10 orang.

Pasien covid-19 yang meninggal 16 orang dimana terpapar positif covid-19 6 orang dan PDP 10 orang.

Saat ini penderita covid-19 yang positif 34 orang yang sudah ditest dengan menggunakan PCR maupun rapid. Untuk PDP sendiri yang sembuh berjumlah 61 orang dan pasien yang sembuh dari positif covid-19 64 orang.