Medan, Hetanews.com - Pemerintahan Kota Medan siap mengamankan pelaksanaan Natal dan Tahun baru dimasa pandemi Covid-19. Untuk  pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Pemko Medan juga akan menurunkan petugasnya dari unsur Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) di seluruh Poskotis yang ada di Kota Medan.

Hal tersebut disampaikan,  Asisten Administrasi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat, ketika menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Cipta Kondisi Keamanan Sumatera Utara tentang Antisipasi Terhadap Situasi Kondisi Jelang Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2021 di Wilayah Sumut Pada Masa Pandemi Covid-19 di Pendopo Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman Medan, Senin (14/12).

“Kementrian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan Surat Edaran No. 23/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19. Dalam surat edaran ini sudah dijelaskan secara rinci bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah Natal. Surat edaran ini sudah disampaikan ke seluruh jajaran Kemenag, termasuk rumah ibadah. Selain sudah disampaikan kepada pemerintah daerah, kami juga telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Medan tentang surat edaran tersebut,” kata Renward dalam rapat yang dipimpin Gubsu Edy Rahmayadi diwakili Sekda Provsu Dr Ir Hj Sabrina, Renward mengungkapkan,

Dengan adanya surat edaran dari Kemenag RI tersebut, Renward berharap seluruh umat Kristiani di Kota Medan dapat menjalankannya, terutama pada pelaksanaan ibadah Natal. Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Renward mengatakan, seperti tahun lalu, Pemko Medan juga akan menurunkan petugasnya dari unsur Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) di seluruh Poskotis yang ada.

“Untuk pos-pos yang berkaitan dengan pelayanan angkutan, termasuk terminal, selain petugas Dishub, kita juga akan memperbantukan petugas Dinkes guna memberikan pelayanan kesehatan bagi umat Kristiani yang akan pulang kampung untuk melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru di kampung halamannya,” jelasnya.

Khusus untuk malam pergantian tahun, jelas Renward, seluruh camat telah diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan polsek dan koramil setempat untuk melakukan penjagaan dan pengamanan di wilayah masing-masing, termasuk gereja. (sat)