Siantar, hetanews.com - KPU Kota Siantar memusnahkan ribuan  surat suara  pemilihan walikota dan wakil walikota Siantar, Selasa (8/12/2020) malam.

Pemusnahan 1882 surat suara itu dilakukan dengan cara dibakar. Adapun surat suara diantaranya 330 dengan kondisi rusak dan 1552 surat suara kondisi baik

Pemusnahan kertas surat suara itu berlangsung di depan kantor KPU kota Siantar jalan Porsea Kelurahan Teladan Kecamatan Siantar Barat Kota Siantar.

Ketua KPU Siantar Daniel MD Sibarani mengatakan surat suara yang dimusnahkan dengan kondisi rusak dan berlebih.

"Ada noda berlebihan yang menutupi surat suara dan robek 330 surat suara, dan ada surat suara dengan kondisi baik tetapi berlebih 1552 surat suara," katanya.

Ia melanjutkan, pemusnahan ini adalah wujud transparansi dari KPU untuk pengelolaan tata logistik agar masyarakat paham bahwa surat suara yang berlebih, dimusnahkan agar tidak bisa digunakan.

Kabag OPS Polres Siantar Kompol Lamin berhara Pilkada Siantar berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada. Sehingga tidak ada komplain dari masyarakat maupun dari calon maupun dari pendukungnya.

"Mudah-mudahan tidak ada kekurangan surat suara," katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu kota Siantar Nanang Wahyudi Harahap berharap agar masyarakat tetap menjaga kekondusifan pemilihan kepala daerah.

"Setelah pemusnahan ini tidak ada lagi surat suara tiba-tiba hadir ataupun tiba-tiba diselundupkan di TPS.," tutupnya.