Simalungun, Hetanews.com - Bencana alam banjir dan akses internet masuk dalam catatan kerawanan Pilkada Simalungun 2020.

Komisioner Bawaslu Simalungun Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Mulai Adil Saragih mengatakan ada tiga kecamatan di wilayah Simalungun yang rawan banjir.

Mulia menuturkan pihaknya sudah menyampaikan potensi kerawanan Pilkada Simalungun ke KPU Simalungun.

“Kita sudah sampaikan ke KPU Simalungun supaya bisa mengantisipasi semua apa yang kita ketahui tentang potensi kerawanan ini,” kata Adil ditemui di kantornya, Selasa (8/12/020).

Baca juga: Bawaslu Simalungun Terima 19 Laporan Pelanggaran Pilkada

Dihubungi terpisah, Komisioner KPU Simalungun Divisi Teknis Penyelenggaraan, Fatimah Yanti Sinaga, mengatakan ketiga kecamatan tersebut yakni Tapian Dolok, Silau Kahean dan Kecamatan Hatonduhan.

Untuk mengantisipasi bila terjadi  banjir pada saat pencoblosan di lokasi  pihaknya menyarankan KPPS agar memindahkan lokasi TPS dengan membuat berita acara.

"Kita antisipasi, kalau banjir kita sarankan agar pindah dibuatkan berita acara dan dapat dibuktikan kebenarannya dan alasannya,” ujar Fatimah dihubungi Selasa sore.

Sementara untuk mengantisipasi wilayah yang tidak memiliki jaringan internet, pihaknya mengalihkan proses rekapitulasi suara  aplikasi Si Rekap secara manual atau offline.

Baca juga: 42 Rumah Warga Terkena Longsor di Simalungun, 4 Rata Tertimbun Tanah