Siantar, Hetanews. com - Dua orang pria diamankan warga setelah ketahuan mencuri uang dalam jok sepeda motor. Diduga para pelaku sebelumya membuntuti korban usai transaski dari Bank. 

Aksi pencurian terjadi di lokasi parkir kantor Disdukcapil Kota Siantar, Jalan Melanton Siregar, Kecamatan Siantar Selatan, Senin (7/11/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

Pelaku melancarkan aksinya mencongkel jok sepeda motor milik korban. Tak lama setelah itu, Korban memergoki pelaku  sedang memasukkan uang dalam baju.

Korban juga sempat menghardik salah satu pelaku namun tak kuat hingga terjatuh. Mendengar teriakan, warga yang ada di lokasi berhasil mengamankan pelaku.

Masih di lokasi, petugas SatPol dan personil Denpom Pematangsiantar yang ketepatan berada di lokasi langsung membawa pelaku ke kantor Polisi.

"Ada uang Rp 65 Juta dalam plastik disimpan dalam jok diambil," kata seorang  keluarga korban ditemui di Polres Siantar pasca kejadian.

Korban seorang pensiunan PNS sebelumnya  melakukan transaksi di Bank SUMUT Jalan Merdeka, Kota Siantar. 

Usai mengambil uang korban pergi ke kantor Disdukcapil Siantar. Disana korban memarkirkan sepeda motornya dan uang Rp 65 Juta dalam plastik disimpan dalam Jok.

Aksi pencurian itu, kata dia, dimulai setelah korban dibuntuti oleh para pelaku. Tidak itu itu saja, diduga aksi pencurian ini melibatkan lebih dua orang pelaku. 

"Katanya, pelakunya orang Depok dan satu lagi orang Sumatera Selatan, bukan orang Siantar ini," lanjut pria berkacamata ini.

Menurut keterangan keluarga, korban engalami kerugian sekitar Rp 7,6 Juta. Uang tersebut diduga raib saat aksi kejar kejaran antara pelaku dan warga. 

"Uang itu sempat berserak di jalan jalan itu. Karena mungkin berhamburan dari plastik itu," jelasnya.

Belum ada keterangan resmi dari kepolisan, namunkedua pelaku sudah diamankan di Polres Siantar bersama satu unit sepeda motor. Korban dan beberapa saksi di lokasi sedang diperiksa. 

"Sudah resmi melapor. Ini masih dimintai keterangan," ujar menantu korban.