Medan, hetanews.com - Dua paslon Pilwalkot Medan bakal menjalani debat pamungkas pada Sabtu (5/12) sore. Hari ini juga bakal menjadi hari kampanye terakhir bagi dua paslon di Pilwalkot Medan. Setelah itu, Pilwalkot memasuki masa tenang mulai 6-8 Desember, sebelum hari pencoblosan pada 9 Desember.

Paslon nomor urut 1, Akhyar Nasution dan Salman Al Farisi, tidak memiliki persiapan khusus jelang debat pamungkas tersebut. Di hari terakhir kampanye, sembari menunggu waktu debat, keduanya nampak bersepeda, silaturahmi dengan wartawan, hingga mengunjungi korban banjir.

"Tadi pagi bersepeda, nongkrong sama ngopi-ngopi, santai. Salman juga sarapan bubur setelah itu ngobrol santai. Tidak ada persiapan khusus,” ujar sekretaris tim pemenangan Akhyar-Salman, Wasis Waseso, kepada wartawan.

Akhyar usai bersepeda memang sempat ngobrol dengan wartawan, kemudian meninjau korban banjir Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun.

Akhyar-Salman di Hari Terakhir Kampanye: Bersepeda dan Temui Korban Banjir Medan (1)
Akhyar saat silaturahim dengan wartawan. 

Kegiatan mengunjungi lokasi banjir, kata Wasis, bagian rangkaian aktivitas Akhyar-Salman sejak kemarin. Ada beberapa titik yang dikunjungi.

"Akhyar-Salman sejak kemarin mengunjungi masing-masing luapan sungai. (Banjir) kan dari hulu sungai Sei Deli hingga Babura itu, kan sungai, meluap dari hulu,” ujar Wasis

Terkait tema debat yang membahas NKRI dan pembangunan daerah, Akhyar-Salman akan menyampaikan visi Medan Berkawan.

"Dari kami visinya yang kita angkat kali ini adalah Medan Berkawan. Jadi bagaimana kita meningkatkan partisipasi (pembangunan) atau menjaga toleransi kerukunan antara elemen masyarakat,” ujarnya

Akhyar-Salman di Hari Terakhir Kampanye: Bersepeda dan Temui Korban Banjir Medan (2)
Akhyar Nasution temui warga pasca banjir di Kecamatan Medan Maimun, Medan.

Adapun debat pamungkas tersebut akan digelar di Hotel Grand Aston dengan moderator Wahyu Wiwoho dan Aviani Malik sejak pukul 15.00 WIB. Acara juga akan live di TV nasional dan channel YouTube KPU Medan.

Pada Pilwalkot Medan, Akhyar-Salman diusung PKS dan Demokrat. Sedangkan rivalnya, Bobby-Aulia, diusung 8 partai yakni PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PSI, PPP, Hanura dan PAN.

Sumber: kumparan.com