Jakarta, hetanews.com - Vidi Aldiano kini hidup dengan satu ginjal. Ginjalnya diangkat usai ia divonis mengidap kanker ginjal stadium tiga. Meski begitu, Vidi tidak ingin melakukan transplantasi ginjal.

Penyanyi berusia 30 tahun ini mengungkapkan alasannya tak mau transplantasi saat berbincang dengan Nikita Willy dan Indra Priawan. Perbincangan tersebut diunggah di kanal YouTube Nikita Willy Official.

“Jadi ternyata dokter, tuh, bilang ginjal itu Tuhan ciptakan untuk manusia ada dua. Satu bisa sebagai bonus karena sebenarnya manusia bisa hidup dengan satu ginjal,” kata Vidi Aldiano.

Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano Tak Mau Lakukan Transplantasi (1)
Penyanyi Vidi Aldiano saat hadir di konferensi pers Baluun Halu di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu, (29/5/2019).

Namun, Vidi mengatakan ada risiko yang harus diterima jika hidup hanya dengan satu ginjal. Salah satunya adalah risiko mengalami gagal ginjal lebih tinggi.

Oleh karena itu, Vidi menjaga kondisi fisiknya saat ini. Pelantun lagu Nuansa Bening ini memutuskan untuk menjalani pola hidup sehat.

“Makanya gue dari umur gue yang sekarang ini, mumpung dikasih kesempatan kedua sama Tuhan, gue merasa harus menjaga lifestyle, jaga istirahat gue, lebih jaga badan gue,” tutur Vidi.

Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano Tak Mau Lakukan Transplantasi (2)
Vidi Aldiano di Gala Amal Jalin Mimpi di Hutan Kota by Plataran.

Vidi mengatakan kondisinya saat ini masih baik-baik saja. Sehingga, ia merasa tidak perlu untuk transplantasi ginjal.

“Kalau ginjal satunya masih sehat enggak apa-apa. So far gue insyaAllah jangan perlu lah (transplantasi),” ucap Vidi.

Video

Vidi Aldiano pernah berbagi kisah mengenai hidup dengan satu ginjal. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah video di kanal YouTube miliknya.

Vidi membuka video dengan menjelaskan beberapa makanan dan minuman yang dijauhinya setelah operasi.

"Sebenarnya dokter Singapura enggak ngasih pantangan makan minum apa pun, yang penting enggak kebanyakan. Kalau kurangi makanan sekarang, gue mengurangi makan daging merah, gue lebih konsumsi ikan sama ayam," kata Vidi

Selain itu, Vidi juga harus menghilangkan kebiasaannya yang gemar meminum kopi. Ia saat itu hanya minum air putih.

Sumber: kumparan.com