Jakarta, hetanews.com- Polda Metro Jaya telah menaikkan status kasus acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan ke tingkat penyidikan. Setelah memeriksa sejumlah saksi, kapan polisi menetapkan tersangka di kasus tersebut?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya hingga saat ini masih terus mengumpulkan sejumlah barang bukti. Para saksi pun masih terus berdatangan dimintai keterangan oleh penyidik.

"Mekanismenya kan nanti semuanya akan kita lakukan pemeriksaan. Semuanya, mulai berita acara pemeriksaan, mengumpulkan alat bukti yang ada, bukti petunjuk juga, dan surat yang ada," kata Yusri saat dihubungi wartawan, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Yusri, setelah selesai mengumpulkan sejumlah barang bukti tersebut, pihaknya akan melakukan analisis evaluasi dari tiap keterangan yang telah diterima kepolisian.

Setelah itu, lanjut Yusri, pihaknya akan melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka di kasus kerumunan acara Habib Rizieq Shihab. Menurut Yusri, hingga saat ini tim penyidik masih terus melengkapi keterangan dan bukti petunjuk di kasus tersebut.

"(Penetapan tersangka) nanti ya kalau sudah lengkap semua baru akan digelar. Kita saat ini masih melengkapi," ungkapnya.

Polda Metro Jaya masih terus melakukan penyidikan terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan oleh Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Empat saksi menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Jumat (4/12).

"Untuk hari ini, keempat saksi semuanya hadir. Mereka adalah Plt Kadis Parekraf DKI Jakarta inisial DE, Kasudinhub Jakpus inisial MS. Kalebkesda DKI Jakarta inisial EM dan BPBD DKI Jakarta inisial SK," ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/12).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga sudah melakukan pemanggilan kepada empat orang saksi pada hari Kamis (3/12). Dari keempat saksi, hanya dua orang yang hadir.

"Untuk hari ini ada empat saksi, yaitu Kadinkes DKI Jakarta, Kadishub DKI Jakarta, ada saudara inisial K petugas tenda, lalu saksi ahli dari Puslabfor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/12).

Dari empat saksi tersebut, hanya dua saksi yang memenuhi panggilan penyidik. Saksi tersebut merupakan Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti dan Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Polda Metro Jaya sendiri telah menjadwalkan pemanggilan kedua kepada Habib Rizieq Shihab dan menantunya Alatas pada Senin (7/12) pekan depan.

sumber: detik.com