Medan, hetanews.com - Sebuah video memperlihatkan ratusan orang mengendarai sepeda motor memaksa masuk ke Jalan Tol Medan - Binjai, Jumat (4/12/2020). Hal itu terjadi akibat banjir yang menggenangi sejumlah ruas jalan di Kota Medan, Sumatera Utara, dan sekitarnya.

Salah satunya banjir yang menggenangi ruas Jalan Medan - Binjai di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang. Tingginya genangan air mengakibatkan ratusan sepeda motor mogok.

Dalam salah satu foto yang beredar di media sosial, terlihat para pengendara sepeda motor memadati Gerbang Tol Sei Semayang. Puluhan sepeda motor itu bersaing dengan kendaraan roda empat.

Dalam unggahan di Instagram, pemilik akun menulis, “Sungai Kampung Lalang meluap. Warga Binjai dan warga kilometer tetap semangat bekerja. Pengendara motor maksa untuk masuk jalan tol. Tetap semangat pencari nafkah".

Saat dikonfirmasi, Branch Manager Tol Medan – Binjai Seksi 2 dan 3 PT Hutama Karya (Persero) Untung Joko membenarkan hal tersebut. Menurut Joko, banjir besar yang melanda Kampung Lalang mengakibatkan kendaraan di daerah tersebut terkena dampak banjir besar, sehingga kesulitan untuk melintas.

Menindaklanjuti hal tersebut, pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Medan – Binjai Seksi 2 dan 3 bekerja sama dengan polisi memberikan bantuan kepada pengguna jalan untuk dapat mengalihkan kendaraan roda empat maupun roda dua menuju ke Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 2 dan 3.

Menurut Joko, PT Hutama Karya telah berkoordinasi dengan pihak Patroli Jalan Raya (PJR) Medan – Binjai, Polsek Diski, serta Satuan PJR Sumatera Utara, untuk melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap seluruh kendaraan yang dialihkan ke Jalan Tol Medan – Binjai Seksi 2 dan 3.

Pengawalan khususnya terhadap kendaraan roda dua yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Semayang dan keluar di GT Helvetia pada pukul 07.10 sampai 11.00 WIB.

"Khusus kendaraan roda dua yang melewati Jalan Tol Medan - Binjai, detail angka kendaraan roda dua adalah 957 yang masuk dari GT Semayang. Kendaraan roda dua yang keluar di GT Semayang adalah 884 kendaraan, terkendali dan tanpa gangguan," kata Joko.

Menurut Joko, saat ini kondisi lalu lintas di Ruas Tol Medan – Binjai Seksi 2 dan 3 telah kembali normal. Pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol yang melintas di Jalan Tol Medan – Binjai untuk tidak panik dan terus berhati-hati, serta waspada dalam mengemudi.

Diberitakan sebelumnya, banjir di Kota Medan dan sekitarnya membuat kemacetan di sejumlah ruas jalan. Kawasan yang terdampak banjir yakni Jalan Medan - Binjai, tepatnya di Desa Lalang, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang. Kemudian di Jalan Brigjend Katamso dan Jalan Letjend Suprapto Medan.

Baca juga: 5 Warga Tewas Akibat Banjir Besar di Perumahan De Flamboyan

Sumber: kompas.com