Siantar, Hetanews.com - Paslon tunggal Pilkada Siantar 2020 Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani khawatir kedepan Kota Siantar menjadi kota mati. Untuk itu pihaknya berencana membuat kota terbesar kedua di Sumut ini menjadi magnet.

“Ada kekhawatiran kita dengan terbukanya jalan ToL Kuala Tanjung memungkinkan kota Siantar jadi kota Mati yang tidak dilintasi lagi,” kata calon Walikota Siantar Asner Silalahi dalam debat Publik Pilkada Siantar, Rabu (2/12/2020).

Dengan dibukanya proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi - Danau Toba Parapat, Paslon tunggal ini berencana membuat Siantar menjadi kota yang menjual jasa wisata.

“Ini menjadi perhatian kami, bagaimana Siantar punya magnet. Kita akan upayakan ada  7 tujuan wisata yang terkoneksi,” ucap Asner.

Ia menjelaskan, tujuan wisata tersebut mendirikan perkampungan berbasis budaya dengan 13 etnis yang tinggal di Kota Siantar. Tiap kampung budaya itu akan dibangun rumah adat. 

Menurut Asner, ini salah satu magnet bagi pengunjung dari luar Kota Siantar.

“Nanti kami buat seperti kampung wisata budaya, dengan menampilkan rumah rumah adat 13 etnis. Jadi perpaduan ini sebagai magnet dan juga bagaimana kita. Nah perpaduan 13 etnis akan kita tampilkan di event kegiatan tahunan atau bulanan,” jelasnya.

Selain kampung budaya, Asner juga berniat mengembalikan kota Siantar menjadi kota jasa, dengan mengaktifkan kembali pasar pasar tradisional. 

Ia juga melihat potensi Kota Siantar diantara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei , Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) dan Destinasi Danau Toba, Siantar akan didesain menjadi kota menarik wisatawan.

“Seperti kita ketahui, dulu Pasar Horas itu pembelinya dari daerah Toba, Sidikalang, Kisaran, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi, jadi kita kaji minat masyarakat di sekeliling kota kita,” kata Asner. 

Sebagaimana diketahui, KPU Siantar menggelar debat publik Paslon tunggal Pilkada Siantar di Kota Medan, Rabu 2 Desember 2020. Debat disiarkan langsung melalui siaran televisi, live streaming dan radio.

Baca juga: Debat Publik Paslon Tunggal Pilkada Siantar Digelar Di Medan