Simalungun, Hetanews.com - Banjir di Nagori Purba Sari merendam ratusan rumah penduduk. Selain luapan air dari kebun PT Bridgestone, sumber banjir disebut dari proyek jalan Tol di wilayah Dolok Maraja, Kabupaten Simalungun.

"Kali ini banjir di Purba Sari ini luar biasa. Biasanya pun kalau ada hujan yang deras, intensitas tinggi, ya paling paling hanya masuk ke beberapa rumah. Itu pun pertumpahan air dari perkebunan Bridgestone,” kata Pangulu Purba Sari, Marshal Saragih ditemui di lokasi banjir, Rabu (2/12/2020) malam.

Pangulu menerima laporan dari warga yang bermukim dekat area perkebunan. Kepada Pangulu, warga meyakini luapan banjir datang dari proyek jalan Tol. 

Sebuah jalur pembuangan air ditutup karena pembangunan Tol, sehingga air meluap menerjang rumah penduduk.

"Tapi sekarang sudah terblokir, tersekat bangunan Tol. Makanya (air) langsung turun ke mari. Saya sudah hampir 50 tahun disini tidak pernah seperti ini," terangnya.

Baca juga: Ganti Rugi Proyek Tol Di Siantar Belum Terealisasi

Hetanews sejauh ini masih mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut. Apakah proyek pembangunan Tol benar mengakibatkan banjir. 

Sebagaimana diketahui, banjir melanda sejumlah wilayah di Nagori Purba Sari, Kecamatan Tapian Dolok sejak sore hingga malam, Rabu 2 Desember 2020. 

Akibat banjir, tembok bagian dapur rumah warga jebol dan warga kehilangan surat surat penting misalnya ijazah sekolah, akta kelahiran dan BPKB. 

Warga juga menyebut peristiwa ini merupakan bencana banjir terbesar selama 5 dekade terakhir. Warga bergotong royong menyapu lumpur di rumah rumah mereka.

Baca juga: Ratusan Rumah Di Purba Sari Terendam Banjir