Siantar, hetanews.com - Memulai aktifitasnya sebagai Lembaga Pelatihan Kerja Program Magang Kerja ke Jepang sejak tahun 2012 di Medan, dan di Pematangsiantar tahun 2016, lembaga ini didirikan oleh alumni Magang Jepang angkatan 158 dari Sumatera Utara yaitu Risman Situmorang, S.S dan mendapat ijin dari Dinas Tenaga Kerja dan Perijinan.

Berbekal pengalaman dan kompetensi yang diperoleh selama mengikuti proses pemagangan 3 tahun di Jepang, LPK Seikou Education sudah banyak menciptakan pemuda - pemudi  yang berhasil dan bekerja di Jepang.

LPK Seikou Education saat ini menjadi lembaga pelatihan terpercaya di Sumatera Utara karena sudah memberangkatkan sekitar 380 orang bekerja di Jepang selama hampir 8 tahun. Tentu dengan semangat itu pula, mereka ingin terus menjadi bagian dari program Pemerintah, dalam upaya menanggulangi pengangguran dan kemiskinan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera.

Program Magang Kerja ke Jepang yang dilaksanakan Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja RI, dilaksanakan sejak 1992. Magang kerja di Jepang tidak sama dengan kerja seperti ke Hongkong, Malaysia, Taiwan, Dll, paling tidak, masalah gaji dan keselamatan kerjanya berbeda.

Keselamatan kerja paling di utamakan oleh perusahaan penerima Jepang, bisa kita lihat dari standar perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, dan program ini bukan jalur TKI tapi pemagangan (bekerja sambil berlatih/belajar), yaitu visa pemagangan.

Peserta Magang Kerja dari Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan yang disetarakan dengan tenaga kerja warga Jepang,kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan/asuransi dan status sebagai tenaga kerja. Program Magang Kerja ke Jepang ini telah menciptakan banyak  Alumni menjadi pengusaha-pengusaha muda di Indonesia dan terkhusus di Sumatera utara.

 LPK Seikou Education sudah banyak menciptakan pemuda-pemudi yang berhasil dan bekerja di Jepang.

Pelatihan di LPK Seikou Education sudah memenuhi standar Jepang dan ber Asrama dan dilatih oleh para alumni Magang Jepang yang berpengalaman dan berkompetensi dimana level bahasa Jepang mereka sudah lulus level 3 & 2.

Bahkan, peserta LPK Seikou Education saat ini sudah mampu meluluskan minimal 5 - 10 orang setiap seleksi, baru baru ini yaitu bulan November 2020 setelah borgol keberangkatan ke Jepang, dibuka kembali pada masa pandemi Covid-19 ,LPK Seikou Education mampu memberangkatkan 2 orang ke Jepang (saudara Filipus Andre Siregar dan  Esardi Panogaran Nainggolan) dan 6 orang lanjut ke Pelatihan Pusat di Yogyakarta.

Saat ini, peserta siswa LPK Seikou Education yang aktif pelatihan sekitar 78 orang, dimana 12 orang persiapan berangkat ke Jepang,18 orang yang  akan melanjutkan ke Pelatihan Pusat di Yogyakarta dan Jakarta.

Adapun Program Magang Kerja ke Jepang yang sedang dilatih dan dipersiapkan saat ini di LPK Seikou Education yaitu:

  1. Program Magang Kerja jalur Negeri ( Im Japan/Depnaker)
  2. Program Magang Kerja jalur Iroha (SO/Swasta)
  3. Program Perawat EPA ( BNP2 TKI)
  4. Program Tokutei Ginou/SSW/Skill ( Mandiri)
  5. Program Beasiswa Kuliah di Jepang
  6. Kursus ujian  kemampuan Bahasa Jepang ( N5. N4, N3)

Keuntungan mengikuti Program Magang Kerja ke Jepang, yaitu:

  1. Gaji minimal 15- 25 jt/bulan
  2. Dapat pesangon 100 – 150 jt
  3. Dapat mengumpulkan modal sekitar 300 -800 jt dengan kontrak 3 - 5 tahun
  4. Dapat langsung kerja di Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia
  5. Mempunyai etos kerja dan Disiplin yang tinggi
  6. Hidup di Negara Maju

Baca juga: LPK SEIKOU EDUCATION