Jakarta, hetanews.com - Polda Metro Jaya memanggil Habib Rizieq Shihab untuk dimintai keterangan pada Selasa (1/12/2020) besok terkait kerumunan yang terjadi di kawasan Petamburan hingga Megamendung, Bogor. Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendesak agar Habib Rizieq memenuhi panggilan polisi.

"Sebagai warga negara yang baik, Rizieq Shihab harus memenuhi panggilan polisi tersebut," ucap Sahroni kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Menurut Sahroni, polisi masih akan memeriksa sejauh apa keterlibatan Habib Rizieq. Sebab, ia menilai kerumunan yang terjadi dalam acara Maulid Nabi pada beberapa pekan lalu masih melibatkan Habib Rizieq.

"Karena kerumunan yang terjadi di Petamburan jelas melibatkan dirinya. Sejauh mana keterlibatan dan apakah akan jadi tersangka atau saksi, nah itu yang harus diperiksa dulu," kata Sahroni.

Bendahara Umum Partai NasDem ini kemudian menjadikan Gubernur Anies Baswedan yang sudah memenuhi panggilan polisi sebagai contoh. Ia kembali meminta Habib Rizieq memenuhi panggilan polisi.

"Jadi sekali lagi, sebaiknya HRS datang penuhi panggilan polisi, seperti Anies Baswedan beberapa waktu lalu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq Shihab dipanggil polisi untuk dimintai keterangan terkait kerumunan. Pemanggilan dijadwalkan pada Selasa pekan ini.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengantarkan surat panggilan kepada Habib Rizieq langsung ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun surat tidak diterima langsung oleh Habib Rizieq.

"Tadi penyidik ke rumah HRS untuk kirim surat panggilan kepada yang bersangkutan, tetapi yang bersangkutan tidak ada di rumahnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Minggu (29/11/2020).

Surat pemanggilan itu, kata Yusri diterima oleh keluarga Habib Rizieq. "Sudah diterima oleh keluarganya," katanya.

Polda Metro Jaya sebelumnya telah memintai keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengenai kerumunan Maulid Nabi yang terjadi di Ibu Kota. Anies memenuhi panggilan polisi pada Selasa (17/11). Sedangkan Riza memenuhi panggilan polisi pada Senin (23/11).

Mereka dimintai keterangan kepolisian mengenai adanya kerumunan di kawasan Tebet dan Petamburan saat pandemi masih mewabah di Tanah Air. Anies mengaku mendapat 33 pertanyaan.

"Saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik, dan ada 33 pertanyaan yang disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman," ucap Anies kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Selasa (17/11).

Selain itu, Mabes Polri sudah memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil tiba di Mabes Polri pada Jumat (20/11).

"(Hadir ke Bareskrim) Sebagai kewajiban warga negara untuk dimintai keterangan. Nanti hasilnya insyaallah saya sampaikan setelah pemeriksaan dan klarifikasi," kata Emil.

Sumber: detik.com