Medan, hetanews.com - Proses distribusi logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 sedang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23 kabupaten/kota yang menyelenggaran pilkada di Sumatera Utara (Sumut).

Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin mengatakan, distribusi logistik pilkada seperti kotak suara, surat suara, tinta, alat mencoblos dan lainnya, diprioritaskan ke daerah-daerah pedalaman di Sumut.

"Seperti pendistribusian di Pulau Batu dan Telo di Nias Selatan, yang harus melalui perairan laut. Ini duluan dilakukan mengingat kondisi cuaca yang tidak stabil," ujar Herdensi Adnin, Minggu (29/11/2020).

Herdensi menyampaikan, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan melibatkan TNI/Polri dalam mendistribusikan logistik pilkada ke kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada.

"Kita juga berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan pemerintah kabupaten/kota untuk logistik protokol kesehatan karena pilkada dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19," katanya

"Sampai saat ini, belum ada kendala berarti yang dihadapi penyelenggara pilkada dalam pendistribusian logistik pilkada, termasuk menyalurkan alat pelindung diri (APD) tersebut," jelasnya.

Menurutnya, Pilkada 9 Desember dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Yang mana, setiap petugas penyelenggara pilkada maupun masyarakat yang menggunakan hak suara, diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak, tidak kerumunan dan mencuci tangan di wadah yang disediakan.

"Masyarakat pemilih yang mendatangi tempat pemungutan suara juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Jika ada yang memiliki suhu tubuh sekitar 37,5 derajat celcius maka diarahkan menggunakan hak suaranya di tempat khusus yang sudah disediakan," sebutnya.

Untuk di Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak yakni, Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga, Gunungsitoli dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian, Kabupaten Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan

Sumber: beritasatu.com