Sergai, hetanews.com – Akibat luapan air Sungai Padang, mengakibatkan ratusan hektar lahan persawahan milik warga petani, terendam banjir.

Tidak hanya itu, puluhan rumah warga, dan jalan provinsi yang diperkirakan kurang lebih 1 km, di wilayah Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), juga ikut terendam banjir.

Kapolsek Bandar Khalipah, AKP Sairik Panjaitan, di dampingi Danramil 12 BK, Lettu Inf. Ikwan Manullang, kepada media menjelaskan, bahwa banjir yang terjadi saat ini, akibat meluapnya air Sungai Padang dan juga air pasang dari laut, sehingga areal persawahan milik warga petani dan puluhan rumah milik warga, serta ruas jalan provinsi yang terkena dampak banjir.

“Kalau rumah warga dan ruas jalan provinsi, ada beberapa titik yang terendam banjir. Namun yang parahnya, areal persawahan. Bahkan tanaman padi milik petani setempat yang luas keseluruhannya mencapai lebih kurang 600 hektar, terendam banjir dan diperkiran kerugian petani capai ratusan juta,”jelas Kapolsek.

Sementara itu, Danramil 12 BK, Lettu Inf. Ikwan Manullang, mengimbau seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Bandar Khalipah, untuk tetap waspada.

Sebab hingga sore kemarin, daerah ini masih diguyur hujan lebat dan dikuatirkan datang banjir bandang dari hulu sungai, ujarnya.

“Yang penting selalu waspada dan berhati-hati. Pada saat kondisi sudah membahayakan, kami minta supaya seluruh masyarakat, khususnya yang berada di daerah rawan banjir untuk meninggalkan lokasi dan pindah ketempat yang sudah dipersiapkan Muspika Kecamatan Bandar Khalipah,"ucap Danramil.