Simalungun, hetanews.com - Panas terik matahari tidak menyurutkan semangat Tumpak Siregar SH MH atau TPS, untuk bersilaturahmi dengan warga Nagori Baliju, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Jumat (27/11/2020).

Calon Wakil Bupati Simalungun, nomor urut 2 itu, tetap tekun mendengarkan curahan hati (Curhat) dan keluhan warga meski harus berpeluh.

Kepada suami Nuraini br Sirait itu, watga melaporkan kondisi jalan di kampung mereka yang sangat tidak memadai. Apalagi di musim hujan, seperti sekarang ini, kondisi jalan semakin parah dan tidak layak dilintasi.

Keluhan lainnya, selama ini, warga sulit memeroleh pupuk bersubsidi.

"Kalaupun ada, harganya mahal. Jauh dari Harga Eceran Tertinggi atau HET,"sebut warga.

Tak hanya mengeluhkan kondisi jalan dan sulitnya memperoleh pupuk bersubsidi, warga juga menyampaikan harapan kepada TPS. Salah satunya, supaya pengurusan administrasi kependudukan dipermudah.

"Kami di sini sulit mengurus Kartu Keluarga, KTP, dan lainnya,"aku warga.

Di hadapan sejumlah warga, TPS menerangkan, programnya bersama H Muhajidin Nur Hasim, sebagai calon Bupati Simalungun, menjawab keluhan-keluhan masyarakat. Terutama pembangunan jalan di Kabupaten Simalungun yang memang menjadi program unggulan Hasim-TPS.

"Saya bersama Bang Hasim sejak awal memang fokus untuk memperbaiki jalan-jalan di Kabupaten Simalungun, khususnya di Simalungun bawah. Sebab selama ini wilayah Simalungun bawah terabaikan,"terang mantan anggota DPRD Simalungun itu.

Hasim-TPS, lanjutnya, memiliki target dalam empat tahun masa kepemimpinan seluruh jalan di Kabupaten Simalungun sudah selesai.

Untuk pupuk bersubsidi, kata TPS, juga audah ada program. Nantinya, ia selaku Wakil Bupati Simalungun, bersama Kepala Dinas Pertanian akan meninjau langsung penyaluran pupuk bersubsidi. Sehingga bisa tepat sasaran dan sesuai HET.

Termasuk soal pengurusan administrasi kependudukan, lanjutnya, sudah masuk dalam program unggulan Hasim-TPS. Nantinya, pengurusan KTP, KK, dan lainnya cukup di tingkat kecamatan. Sehingga warga tidak harus ke ibukota Kabupaten Simalungun di Raya.

"Cukup diurus di kantor camat. Bahkan selanjutnya cukup di kantor pangulu nagori atau kantor lurah," tukas TPS.