Jakarta, hetanews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan dalam rapat koordinasi nasional percepatan pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Dalam arahannya, Luhut meminta agar pembangunan tempat wisata tidak tampak kabel-kabel bergelantungan di atas.

Luhut menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk mencari permasalahan dalam pengembangan pariwisata super prioritas.

"Tujuan utama pelaksanaan rakornas dan dewan pengarah ini, permasalahan utama di DPSP masih terletak kelemahan empat komponen atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan ancillary facilities," katanya, Jumat (27/11/2020).

Meski demikian, Luhut mengatakan, banyak kemajuan di Labuan Bajo dan Mandalika.

"Mungkin kota pertama di Indonesia nanti Labuan Bajo yang nggak ada kawat telepon-telepon di atas itu. Itu kerja keras timnya Pak Gubernur dengan Pak PUPR," katanya.

Menurut Luhut, hal itu akan mempercantik lokasi wisata. Luhut kemudian menyarankan agar tidak ada kabel-kabel di atas tempat wisata.

"Semua pembangunan daerah wisata kita sarankan kabel-kabel tidak ada di atas semua ducting di bawah sehingga kelihatan kebersihannya," ujarnya.

"Tujuan rakornas dan rapat dewan pengarah untuk mempercepat pembangunan destinasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan dan peringkat Indonesia pada travel tourism competitiveness index menjadi peringkat 30 pada 2021," tambahnya.

sumber: detik.com