Siantar, Hetanews.com – Jelang Pilkada Siantar 9 Desember 2020 mendatang, KPU Siantar gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. KPU menegaskan memilih kolom kosong maupun Paslon tunggal adalah sah.

"Silahkan pilih salah satu, pilih kolom berisi paslon atau pilih kolom kosong yang tak bergambar. Tentu kita mensosialisasikannya secara berimbang," kata Komisioner KPU Siantar, Nurbaiyah Siregar, lewat keterangan tertulis, Kamis (26/11/2020).

Menurut Nur, mayoritas masyarakat mulai memahami dua pilihan yang sah yakni kolom kosong dan Paslon tunggal. Ia juga mengatakan elemen masyarakat maupun komunitas tidak dilarang mensosialisasi pilihan kolom kosong.

Baca juga: Tim Desk Pilkada Siantar Dibentuk Ini Tugasnya

"Masyarakat maupun organisasi boleh mensosialisasikan kolom kosong. Memilih kolom kosong adalah sah, sosialisasi harus dilakukan secara berimbang itu diatur di PKPU No. 8 Tahun 2017," jelasnya.

Disamping itu, saat sosialisasi, pihaknya juga menyampaikan perihal Prokes agar warga tidak khawatir untuk menggunakan hak pilih mereka ke TPS dan tidak golput.

Adapun sosialisasi tersebut turut dilakukan PPPK, PPS dikoordinir oleh Komisioner KPU Siantar Bidang Partisipasi Masyarakat (Parmas) ke tempat tempat umum di  Jalan Merdeka, Pasar Horas, Jalan Cipto, Pasar Hongkong, cafe Vonna dan Lapangan Merdeka.

Baca juga: Tim Desk Pilkada Siantar Dibentuk Ini Tugasnya