Medan, hetanews.com - Sekelompok orang yang menamakan diri Forum Islam Bersatu (FIB) Sumatera Utara mencopot spanduk penolakan kehadiran Habib Rizieq Syihab di Medan. Ada 65 spanduk yang disebut FIB dicopot.

"Iya benar (FIB melakukan pencopotan). Sejak Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, dan Rabu tadi. Ada 65 spanduk (yang sudah dicopot)," kata Ketua FIB Sumut Zulkifli Rangkuti saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Zulkifli mengatakan pencopotan dilakukan karena menilai spanduk itu berisi ujaran kebencian. Dia juga menilai tidak ada yang boleh melarang warga datang ke suatu daerah.

"Yang pertama, spanduk itu berisi ujaran kebencian. Yang kedua, setiap warga negara berhak masuk ke provinsi mana pun," ujarnya.

Ormas FIB menurunkan spanduk penolakan Habib Rizieq di Medan.
(oto: dok. Istimewa

Zulkifli menyebut FIB juga menjadikan Habib Rizieq sebagai imam besar mereka. Dia juga mengatakan spanduk itu dicopot agar Medan tetap kondusif.

"Kita ikut turut juga menjaga kondusivitas, apabila spanduk itu tidak diturunkan, maka muncul opini publik yang tidak sehat terhadap Habib Rizieq Syihab. Itu bahaya, beliau seorang keturunan Rasulullah. Dia imam besar kita," tutur Zulkifli.

Zulkifli menyinggung aksi Satpol PP mencopot spanduk 'siap kawal Habib Rizieq' yang sempat dipasang oleh HMI. Menurutnya, spanduk menolak kedatangan Habib Rizieq juga harus dicopot Satpol PP.

"Kenapa aparat nurunkan spanduk di Masjid Al jihad dalam hal penyambutan Habib Rizieq Syihab. Iya (spanduk HMI). Kenapa penyambutannya Habib Rizieq Syihab dicabut, sedangkan yang menghinanya tidak dicabut," jelasnya.

Ormas FIB menurunkan spanduk penolakan Habib Rizieq di Medan.
Foto: dok. Istimewa

Zulkifli menjelaskan, pihaknya bakal terus melakukan pencopotan spanduk penolakan kedatangan Habib Rizieq. Pencopotan ini akan mereka lakukan pada siang dan malam hari.

"Untuk itu, kita mengambil sikap mencabuti semuanya. Malam dipasang, siang dicabut, siang dipasang, malam dicabut," paparnya.

Sebelumnya, spanduk berisi penolakan Habib Rizieq sempat terpasang di Medan, Sabtu (21/11). Spanduk itu sudah tak ada ketika dilihat pada Selasa (24/11). Spanduk 'HMI siap kawal Habib Rizieq' juga sempat terpasang di Medan.

Spanduk itu sudah dicopot Satpol PP. Selain itu, Satpol PP Medan juga mengatakan bakal mencopot semua spanduk yang tak sesuai dengan aturan.

Baca juga: Dewi Tanjung Kirim Karangan Bunga HRS Positif COVID, FPI: Sampah Cari Sensasi

Sumber: detik.com