Siantar, hetanews - Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui Dirjen Badilum (Badan Peradilan Umum) telah mengumumkan hasil Rapim (rapat pimpinan) pada 23 November 2020 ,tentang mutasi hakim (Ketua dan Wakil Ketua) Pengadilan Negeri se Indonesia.

Berdasarkan Rapim tersebut, Dirjen Badilum MA RI telah mengumumkan sejumlah nama Hakim yang menjabat sebagai Ketua ataupun Wakil Ketua yang akan dimutasi, termasuk PN Siantar.

Disebutkan, Danar Dono SH MH  melaksanakan tugas lebih kurang 1,5  tahun sebagai Ketua PN Siantar dimutasi ke PN Jepara.

"Pak Danar mutasi ke PN Jepara, sebagai Ketua Pengadilan," ujar Sekretaris PN Siantar, Esron Ginting di kantornya jalan Sudirman, Rabu (25/11/2020).

Dijelaskan Esron, pasca diumumkannya hasil rapat tersebut pejabat yang mendapat promosi dan mutasi hanya tinggal menyelesaikan tugas yang belum selesai.

Artinya tidak lagi menerima berkas baru untuk menyidangkan sebuah perkara."Biasanya setelah 1 bulan SK diterima, maka yang bersangkutan harus melaksanakan tugas di tempat yang baru," jelas Esron. 

Sebagaimana diketahui, Bapak Danar Dono SH pertama kali melaksanakan tugas di Pengadilan Negeri Pematangsiantar sebagai Wakil Ketua. Lalu dilantik menjadi Ketua menggantikan Ibu Rosihan Juhriah Rangkuty, dan posisi wakil Ketua kosong.

Namun berdasarkan hasil Rapim tersebut, Wakil Ketua PN Siantar akan digantikan Irwansyah Putra Sitorus SH MH, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Kuala Simpang.

Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar akan dijabat oleh Bapak Derman Parlungguan Nababan SHMH, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Subang.