Jakarta, hetanews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta para guru dan tenaga kependidikan untuk mengambil hikmah dan terus beradaptasi dengan pandemi COVID-19.

Nadiem mengatakan selama sembilan bulan pandemi corona melanda Indonesia, para guru sudah bekerja keras untuk memastikan hak pendidikan anak tetap terpenuhi meski dari jarak jauh.

"Jutaan guru Indonesia turut serta dalam ribuan webinar dan pelatihan daring, giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi," kata Nadiem dalam pidato Hari Guru Nasional 2020, Rabu (25/11/2020).

Nadiem yakin bahwa pandemi ini akan membawa perubahan besar bagi dunia pendidikan Indonesia, orang tua juga diharapkan mampu aktif mendampingi anak bersama guru saat belajar jarak jauh.

"Selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi, pemangku kepentingan bahu membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum terbayangkan sebelumnya," ucapnya.

"Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya invoasi," sambungnya.

Nadiem juga menyebut sudah berupaya mensejahterakan guru melalui berbagai kebijakan seperti bantuan kuota internet, fleksibilitas penggunaan dana BOS, subsidi upah guru honorer, kurikulum darurat, program guru belajar, program belajar dari rumah TVRI, hingga seri webinar kemendikbud.

Sumber: suara.com