Jakarta, hetanews.com - Hari Guru Nasional 2020 diperingati pada hari ini, Rabu 25 November 2020. Sebagai siswa yang baik, jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat Hari Guru atau doa untuk guru. Suara.com, memberikan telah mengumpulkan ucapan selamat Hari Guru Nasional 2020 dan doa yang dapat kalian panjatkan.

Perlu diketahui, sejarah Hari Guru Nasional berkaitan erat dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang diawali oleh terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912.

Setelah kemerdekaan, para tenaga pendidik Indonesia menggelar Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Kongres tersebut didatangi oleh para guru dan pegawai pendidikan hingga akhirnya terbentuklah PGRI.

Kemudian, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan hari lahir PGRI yakni 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

Cara untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada guru yang telah mendidik kita salah satunya adalah memberikan ucapan Selamat Hari Guru Nasional. Berikut adalah kumpulan ucapan Selamat Hari Guru:

  1. Guru terbaik mengajar dari hati, bukan dari buku. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa. Selamat Hari Guru!
  2. Bapak/Ibu selalu menjadi pendidik yang sangat baik yang tahu bagaimana menerangi jiwa dengan cahayanya. Selamat Hari Guru untuk guru favorit saya!
  3. Selamat Hari Guru! Merupakan suatu kehormatan bisa belajar banyak hal dari Bapak/Ibu, terima kasih telah memberi saya inspirasi! Kami membutuhkan lebih banyak pelajaran dari Bapak/Ibu.
  4. Orang tua memberi kami kehidupan dan Andalah yang mengajari kami bagaimana menjalaninya. Anda memperkenalkan kejujuran, integritas, dan semangat pada karakter kita. Selamat Hari Guru!
  5. Dari ABC sampai merah, putih dan biru; untuk sejarah dan matematika juga, yang ingin saya katakan adalah terima kasih banyak Bapak/Ibu guru!
  6. Keep calm and study on. Selamat Hari Guru!
  7. "You are the bows from which your children as living arrows are sent forth." - Khalil Gibran
  8. "Mari kita ingat: Satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru dapat mengubah dunia." - Malala Yousafzai
  9. "Jika suatu negara ingin bebas korupsi dan menjadi bangsa yang berpikiran indah, saya sangat merasa ada tiga anggota masyarakat kunci yang dapat membuat perbedaan. Mereka adalah ayah, ibu, dan guru." - Dr APJ Abdul Kalam
  10. Seorang guru menggandeng tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, membentuk masa depan." - Henry Adams
  11. "Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020 untuk guru yang mulia. Jasa kalian akan selalu kami kenang, tetaplah menjadi pelita untuk anak bangsa."
  12. Tanpa pamrih, kau menuntun setiap langkahku. Tanpa menuntut tanda jasa, kau mendukungku untuk menghadapi dunia. Terima kasih guru, jasamu akan selalu mengalir dalam tiap jejak langkahku.
  13. Jika pengetahuan adalah cahaya bagi kehidupan, maka kau adalah bintang yang senantiasa menyebarkan cahaya hingga ke penjuru Negeri. Terima kasih guruku.
  14. Selamat Hari Guru. Terima kasih untuk selalu menjadi arah kehidupan yang menuntunku menuju jalan kesuksesan.
  15. Jangan pernah lelah menjadi pelita bagi negeri ini. Jadilah selalu patriot pahlawan bangsa. Terima kasih kepada seluruh guru di Indonesia atas jasamu yang mulia. Selamat Hari Guru Nasional 2020.
  16. Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa. ~ Ki Hajar Dewantara.
  17. Tetap dan selalu mendidik putra-putri Indonesia guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Selamat Hari Guru Nasional
  18. Selamat hari guru untuk semua guru hebat dimanapun kalian berada. Terima kasih buat jasa-jasa kalian dalam melahirkan para penerus bangsa yang berkualitas dan bermanfaat bagi sesama .
  19. Guruku, terima kasih untuk segala komitmen dan dedikasi untuk mencerdaskan negeri. Akan ku ingat selalu dirimu sebagai guru terbaik dalam hidupku.
  20. Mengajar adalah satu profesi yang menciptakan semua profesi lainnya. Terima kasih telah membantu saya menjadi seperti saya hari ini. Selamat Hari Guru!

Hari Guru Nasional diperingati sebagai sebuah apresiasi terhadap jasa para guru karena telah mendidik anak-anak Indonesia. Sebagai rasa terima kasih kepada guru, selayaknya kita mendoakan kepada guru agar selalu diberikan kesehatan untuk senantiasa mendidik murid-muridnya.

Berikut adalah kumpulan doa untuk guru.

1. Doa untuk guru agar dimuliakan oleh Allah SWT

"Allahummaghfir li masyayikhina wa liman ‘allamana warhamhum wa akrimhum bi ridlwanikal ‘adzim fi maq’adis shidqi ‘indaka ya arhamar rohimin"

Artinya: “Ya Allah, ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”

2. Doa untuk guru agar ilmunya berkah

"Allâhumma-stur ‘aiba mu‘allimî ‘annî walâ tadzhab barakata ‘ilmihi minnî"

Artinya: “Ya Allah, tutupilah aib guruku dariku, dan jangan Engkau hilangkan berkah ilmunya dariku.”

Peringatan Hari Guru Nasional 2020

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19 sehingga upacara bendera yang biasanya wajib diselenggarakan di setiap sekolah dan dihadiri oleh masyarakat umum terpaksa ditiadakan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan pedoman Hari Guru Nasional yang tertulis dalam surat nomor 115583/MPK.A/TU/2020 sekaligus panduan peringatan Hari Guru Nasional di tengah pandemi COVID-19.

Dalam surat tersebut, Kemendikbud mengumumkan bahwa upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020 pada 25 November 2020 akan digelar pada pukul 08.00 WIB. Upacara digelar secara tatap muka namun dengan jumlah tamu undangan yang terbatas, minimalis, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam pernyataan surat edaran Mendikbud Nadiem Makarim berpesan untuk instansi dan satuan daerah yang berada di wilayah zona oranye dan merah untuk mengikuti upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI serta satuan TV Edukasi dari rumah.

Itulah ucapan-ucapan selamat Hari Guru Nasional 2020 dan doa untuk guru yang dapat kalian panjatkan di momen Hari Guru 25 November ini.

Sumber: suara.com