Simalungun, hetanews.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun telah mempersiapkan sejumlah alat kesehatan (Alkes) untuk Puskesmas Wisata.

Dan anggarannya, diserap dari alokasi Dana Khusus Anggaran (DAK) Tahun 2020, melalui sistem e-katalok Dinkes Simalungun, ujar Kepala PPK, Arnol Saragih, Selasa (24/11/2020) siang tadi, pukul 13:00 WIB.  

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Simalungun, dr. Lidya Rayawati  Saragih MKS, diwakili Kabid/PPTK Dinas Kesehatan Simalungun, Jan Ripelman Sipayung SKM  MKM yang berhasil dimintai keterangannya saat ditemui awak media  di ruang kerjanya mengatakan, seluruh Alkes yang sudah diadakan itu, bukan hanya dengan mempertimbangkan dari kemahalan harga, akan tetapi harus memperhatikan kwalitas barang juga.

Dengan diadakannya Alkes tersebut, diharapakan pelayanan kesehatan, terutama di sekitar Puskesmas Pariwisata lebih ditingkatkan lagi.  

Terutama dapat memberi kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah pariwisata Simalungun. Sebab Puskesmas Pariwisata, siap memberikan pelayanan kesehatan maksimal selama 24 jam, katanya.

Alat -alat kesehatan yang telah dipermohonkan melalui sistem e-katalok, diantaranya, hematologi analizer, urine analizer, dan dental unit serta sejumlahn alat penujang Alkes lainnya, pungkas Kepala Bidang/PPTK Dinas Kesehatan Simalungun.