Medan, hetnaews.com - Timses Cawalkot Medan Akhyar Nasution mengaitkan sindiran 'yang dari Jakarta' dari Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dengan kegiatan menteri di Medan. Salah satu yang disinggung Timses Akhyar adalah kegiatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Cawalkot Bobby Nasution.

Sekretaris tim Akhyar-Salman, Wasis Wiseso, awalnya mengatakan maksud sebenarnya dari pernyataan Edy tersebut hanya diketahui oleh Edy. Namun, dia menyinggung menteri yang bolak-balik datang ke Medan.

"Jadi terkait dengan apa yang dimaksud dengan Pak Gubernur, yang bisa menafsirkan itu ya Pak Gubernur sendiri ya," kata Wasis, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Akhyar Nasution Bertemu Kader PKS, Siap Kawal Suara Pilkada Medan dari Kecurangan

"Berikutnya, terkait dengan orang-orang Jakarta yang disebutkan, kita ketahui bersama beberapa pekan terakhir kan bolak-balik menteri datang ke sini," imbuhnya.

Wasis mengaku tidak mengetahui kegiatan yang dilakukan para menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika ke Medan. Namun, dia menyebut aktivitas menteri bersama Bobby, yang merupakan menantu Presiden Jokowi.

"Entah menjalankan program apa, kapasitasnya sebagai apa, penyelenggara negara juga, cuma beberapa kali juga diberitakan itu bersama Bobby Nasution dalam beberapa momen," ucapnya.

Wasis kemudian mencontohkan Menpora Zainudin Amali. Dia menyebut Zainudin sempat gowes bareng Bobby di Medan.

"Kayak kemarin itu kan momen bersepeda. Iya betul (Menpora). Kenapa nggak ngundang Akhyar juga kan, kalau mau netral kan, undanglah dua-duanya. Kan sama-sama Paslon. Itu juga yang mungkin dimaksud beliau," jelasnya.

Namun, Wasis mengatakan pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan hal itu karena aktivitas Zainudin bersama Bobby bukan dalam rangka kampanye. Dia kembali menegaskan maksud pasti dari ucapan Edy cuma Edy yang tahu.

"Tapi ya begitu, penafsiran itu Pak Gubernur sendiri yang tahu. Cuma ya kita lihat aktivitas menteri ini terlihat beberapa momen bersama Bobby Nasution. Kita nggak masalah sih, terkait masalah itu terserah. Tetapi kalau ada soal kampanye baru kita permasalahkan," jelasnya.

Baca juga: Dugaan Kampanye di Masjid Berlanjut, Tim Salman Bandingkan dengan Kubu Bobby

Menpora Zainudin Amali memang sempat bersepeda bersama Bobby di Medan. Zainudin, yang merupakan Wakil Dewan Pembina Golkar, ikut gowes bersama pengurus Golkar Sumut.

Wakil Ketua Umum Golkar Azis Syamsuddin Ketua Komisi I DPR dari F-Golkar Meutya Hafid juga ikut gowes bareng Bobby. Ketua Golkar Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck), juga ikut dalam kegiatan itu.

Bobby sendiri memang diusung oleh Golkar di Pilkada Medan. Selain Golkar, Bobby yang berpasangan dengan Aulia Rachman juga diusung PDIP, NasDem, PPP, PAN, Hanura, PSI dan Gerindra.

Sebelumnya, Edy menyinggung 'yang dari Jakarta' agar tidak memancing berbuat tidak netral. Edy menyampaikan hal ini saat membahas persoalan Pilkada bersama Komisi II DPR RI.

"Bapak-bapak sekalian, ini bicara netralitas, saya tidak khawatir dengan Pilkada ini. Saya laporkan kepada bapak ketua dan jajaran-jajarannya, sekali lagi saya sampaikan saya tidak khawatir dengan yang ada di Sumatera Utara ini," kata Edy dalam sambutannya, Senin (23/11).

Edy menyindir orang yang disebutnya dari Jakarta. Dia meminta agar 'yang dari Jakarta' ini tidak memancing berbuat tidak netral.

"Kami mohon, yang dari Jakarta, tolong tidak memancing-mancing membuat yang tidak netral," ucapnya.

"Junimart (Anggota Komisi II DPR RI dari F-PDIP) pasti tahu. Ayo lah berdemokrasi dengan benar karena ini amanat rakyat. Saya berusaha. Kalau di Sumatera Utara, saya tahu. Saya pernah juga seperti itu, saya tahu," sambung Edy.

sumber: detik.com