Simalungun, hetanews.com - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), di Kelurahan Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, hingga Senin (23/11/2020) siang, tidak terlihat ada tanda - tanda akan diperbaiki.

Jalan ini, tepat di beram jembatan sungai Bah Tongguran yang menghubungkan Tanah Jawa - Mandoge dan juga salah satu jalan yang menghubungkan Kota Pematangsiantar - Kabupaten Asahan. Padahal, jalan ini longsor sudah sejak Jumat (20/11/2020) malam lalu.

Berstatus jalan provinsi dan ini menjadi kewenangan oleh Dinas Bina Marga dan Binas Konstruksi Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Hanya terlihat beberapa anak muda setempat yang membantu pengendara melintas.

Baca juga: Jalan Lintas Tanah Jawa Longsor Tak Bisa Dilalui

Sebelumnya, jalan tidak bisa dilalui kendaraan, kini telah bisa, walaupun hanya sepeda motor dan becak penumpang roda tiga. Para pemuda tersebut mengatur lalu lintas dengan memberlakukan buka tutup jalur.

Sedikit demi sedikit, mereka juga memperbaiki jalan tersebut dengan membuat titi papan sementara dengan lebar sekitar 2 meter.

Untuk pembatas, mereka membuat tiang dari bambu dan dibawahnya terdapat beberapa tumpukan goni berisi pasir agar menguatkan pondasi.

Diketahui, longsor ini menyebabkan beram jalan di tepi jembatan menjadi amblas yang diakibatkan aliran yang sungai Bah Tongguran, sampai ke permukaan jalan. Air ini, diperkirakan air kiriman dari hulu sungai yang diguyur hujan deras.