HETANEWS.COM

Modal Ventura: Definisi, Jenis Pembiayaan, dan Manfaatnya

Ilustrasi rupiah. Foto: Thinkstockphotos.com

Hetanews.com - Salah satu bentuk lembaga pembiayaan adalah perusahaan modal ventura. Perusahaan modal ventura menjalankan kegiatan pembiayaan yang disebut sebagai usaha modal ventura.

Dilansir dari buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (2020) karya Irsyadi Zain dan Rahmat Akbar usaha modal ventura adalah usaha pembiayaan melalui penyertaan modal atau pembiayaan untuk jangka waktu tertentu dalam rangka pembangunan usaha pasangan usaha.

Sedangkan perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melalukan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan penerima bantuan untuk jangka waktu tertentu.

Perusahaan yang menerima penyertaan modal disebut sebagai perusahaan pasangan usaha atau investee company. Sedangkan perusahaan yang melaksanakan penyertaan modal disebut sebagai perusahaan modal ventura.

Prinsip utama pembiayaan dalam modal ventura adalah penyertaan. Meskipun begitu, tidak berarti bahwa bentuk pembiayaan dari modal ventura selalu penyertaan.

Bentuk pembiayaan dapat berupa obligasi atau pinjaman. Namun obligasi atau pinjaman tersebut tidak sama dengan obligasi atau pinjaman biasa karena memiliki sifat khusus, yaitu pengembalian dan balas jasa yang lebih lunak.

Syarat pengembalian dan balas jasa yang lebih lunak tersebut bervariasi, bisa saja berupa bagi hasil, pembayaran pinjaman hanya jika perusahaan pasangan usaha mampu, pinjaman dapat dikonversikan menjadi saham atau penyertaan, dan sebagainya.

Jenis pembiayaan modal ventura

Ada tiga jenis pembiayaan yang biasa dilakukan oleh modal ventura yaitu:

Penyertaan dalam bentuk saham

Jenis penyertaan ini merupakan jenis pembiayaan saham langsung kepada perusahaan pasangan usaha yang berbadan hukum (perseroan terbatas). Penyertaan saham dilakukan untuk jangka waktu tertentu, bisanya paling lama 10 tahun.

Setelah jangka waktu penyertaan selesai, maka perusahaan modal ventura harus melakukan divestasi terhadap penyertaan tersebut sehingga tidak menjadi pengendali pada perusahaan pasangan usaha.

Divestasi bisa dilakukan dengan cara penawaran umum melalui pasar modal, menjual kepada investor baru melalui penawaran terbatas, menjual kembali kepada pasangan usaha, dan lain-lain.

Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil

Dalam buku Bank dan Lembaga Keuangan Lain (2014) karya Totok Budisantoso dan Nuritomo, dijelaskan manfaat modal ventura, yaitu:

Manfaat utama yang diperoleh perusahaan pasangan usaha adalah dapat dijalankannya kegiatan usaha karena kebutuhan dana untuk modal usaha telah dipenuhi oleh perusahaan modal ventura.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya, yaitu peningkatan kemungkinan berhasilnya usaha, peningkatan efisiensi kegiatan usaha, dan peningkatan kemampuan pengembangan usaha.

Bagi perusahaan modal ventura

Ada dua manfaat yang diperoleh perusahaan modal ventura. Pertama, perusahaan modal ventura memperoleh balas jasa atas pembiayaan yang telah dilakukan oleh perusahaan pasangan usaha.

Kedua, perusahaan modal ventura membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan usaha terhadap perusahaan yang sedang mengalami kesulitan pembiayaan.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan