HETANEWS.COM

Kabar Meninggalnya Pdt Demak Simanjuntak Mengejutkan Jemaat HKBP, Kotbah-kotbahnya Viral dan Disukai

Pdt Demak Simanjuntak semasa hidupnya.

Siantar, hetanews.com – Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) berduka atas meninggalnya Pdt Demak Simanjuntak, yang sudah tidak asing lagi di kalangan jemaat dengan kotbah – kotbahnya yang selalu disukai, dan humoris sehingga membuat orang tidak jenuh saat dia berkotbah. Tak heran, kotbah - kotbahnya selalu viral dan banyak dikunjungi youtubenya.

Kabar meninggalnya Pdt Demak Simanjuntak, langsung menyebar di media sosial seperti Facebook dan grup – grup WhatsApp (WA), Minggu (22/11/2020) siang tadi.

Banyak yang kaget dan seakan tidak percaya atas kepergiannya. Para netizen seakan berlomba memposting status dan masing – masing menceritakan tentang sosok Pdt Demak Simanjuntak yang mereka kenal.

Seperti yang dilansir hetanews.com dari New Oculus Channel yang menuliskan “KITA KEMBALI BERDUKA, #RIP Bpk Pdt. DEMAK”

Siapa yang tak kenal dengan Bapak Pendeta Demak Simanjuntak?

Sangat yakin, banyak orang yang mengenal beliau baik itu dari kalangan pelayan gereja maupun jemaat, bukan hanya gereja HKBP tetapi juga gereja - gereja lain.

Apa alasannya? Karena bapak Pendeta ini sangat dikenal dengan khotbahnya yang tersohor kemana - mana. Khotbahnya yang terpublikasi di media sosial dan dibagikan oleh banyak orang membuatnya disukai banyak orang.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga dengan kesehariannya yang ramah, bersahabat, senyuman dan canda - tawanya tak pernah luput darinya berhadapan kepada siapapun.

Setiap kali beliau ada, maka disitu juga akan ada sukacita dengan canda - tawa yang dibuat olehnya. Beliau cukup dikenal orang yang  humoris, karena beliau mampu membuat cerita - cerita yang mengundang tawa apalagi dengan gaya berceritanya yang khas.

Namun sekarang, kita tidak akan bisa lagi menyaksikannya secara langsung, dan kita tidak bisa lagi bertemu dengannya, dan kita tidak akan bisa lagi mendengar bapak Pendeta ini dengan khotbah - khotbah barunya.

KITA BERDUKA atas kepergian beliau. Bapak Pendeta Demak Simanjuntak hari ini meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Tarutung dengan kondisi akhir terkena penyakit covid-19.

Kita terpukul dan merasakan kesedihan yang mendalam. Salah satu figur yang  disukai banyak orang, kini meninggal dunia.

Bukan hanya jemaat, pelayan, bahkan mungkin dari unsur pemerintahan pun juga merasakan duka ini, karena beliau juga dikenal baik oleh banyak Pemerintah Daerah khususnya di kawasan Tapanuli raya.

Kiprah pelayanannya yang sudah panjang dirintisnya membuat dirinya menjadi teladan bagi banyak orang termasuk mungkin pelayan. Sebut saja, bapak Pendeta Demak Simanjuntak merintis pelayanannya cukup panjang, dari berawal merintis pendidikan di Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH) HKBP sebagai mahasiswa, melanjut kembali ke Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP guna mengambil program Sarjana Theologia, dan meneruskan pendidikannya untuk program Master Theologi, bahkan juga beliau menggeluti pendidikan program Doktoral Theologi. 

Salah satu pelayan gereja yang memiliki perhatian untuk pendidikan, dialah orangnya. Buktinya, bapak Pendeta ini juga terakhir menduduki jabatan Ketua Sekolah Tinggi Guru Huria (STGH) HKBP dimana dia juga tak lupa akan kecintaan almamaternya.

Dia berkeinginan mengembangkan almamaternya dengan beragam terobosan program yang didukung sepenuhnya oleh Ephorus HKBP. Dia juga pernah mengungkapkan satu cerita, satu figur Pendeta HKBP yang dia senangi di gereja HKBP adalah yang sedang menjabat Ephorus HKBP sekarang, sebut saja, Ompui Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing.

Selain program - program pengembangan STGH, bapak Pendeta Demak juga disukai mahasiswanya di STGH. Dan Kini STGH juga memiliki Gedung baru yang dinamakan "J.Warneck" di masa kepemimpinannya.

Beberapa kali melintas dari kompleks STGH, tampak bapak Pendeta ini sedang asyik menata taman dan kolam ikannya. Bagi siapa saja yang datang dan lewat, dia menyapa dengan suara dan senyuman, bahkan bila singgah pun tak jarang bapak pendeta ini bersama isteri menyambut denggan suguhan kopi, makanan, dan cerita - cerita ringan.

Yah, sekarang kami mengajak kita semua berdoa dan memberikan dukungan untuk keluarga bapak Pendeta Demak Simanjuntak. Kita berdoa untuk isterinya dan anak - anaknya yang perantauan. Kiranya Tuhan Sang Penncipa dan Pemilik Kehidupan ini menopang  dan memberikan sukacita serta kesehatan kepada keluarga. Begitu juga dengan anak - anak bapak Pendeta Demak di beragam tempat  tinggal.

Salah satu anak bapak Pendeta Demak Simanjuntak, juga sekarang ada yang telah menjadi Pendeta HKBP, namanya Pdt. Janry Simanjuntak, agar kiranya Tuhan menyertai dan menopang mereka semua. Amen.

#kitaberduka #gerejaberduka #topangandoa #simanjuntak #kristen #batak #indonesia #HKBP #STGH #Sekolahtinggiguruhuria #Sekolahtinggitheologiahkbp #STT

Penulis: gun. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan