Medan, hetanews.com - Lembaga survei Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei Pilkada Medan yang menyebut Akhyar Nasution-Salman Alfarisi unggul. Timses Bobby Nasution-Aulia Rachman meragukan hasil survei itu.

"Kita kan punya data sendiri, kita juga bekerja sama dengan beberapa lembaga survei baik lembaga survei nasional maupun lembaga survei lokal dan dari data yang kita dapat ya kebalikannya. Kita sampai survei kita terakhir, kita unggul sampai selisih di atas 10%," kata Juru Bicara Bobby-Aulia, Sugiat Santoso, Jumat (20/11/2020) malam.

Sugiat mengatakan pihaknya rutin menggelar survei. Dia juga menuding petinggi Roda Tiga Konsultan dekat dengan elite Partai Demokrat (PD) yang merupakan salah satu pengusung Akhyar-Salman.

"Yang kedua, ya sebetulnya kalau mau jujur kan Roda Tiga Konsultan itu siapa. Roda Tiga Konsultan itu, kalau saya tidak salah informasikan, pemiliknya kan punya kedekatan dengan elite Partai Demokrat pusat kan. Jadi bias juga kan," ucap Sugiat.

Namun, dia tak menyebut lebih lanjut siapa elite Demokrat yang dimaksudnya. Dia meyakini survei Roda Tiga Konsultan tak berpengaruh terhadap elektabilitas Bobby-Aulia.

"Nggak ngaruh. Bahkan kita sangat optimis sekali bahwa elektabilitas Bobby-Aulia kian hari kian naik," tuturnya.

Bagaimana hasil survei Survei Roda Tiga Konsultan? Simak berita selengkapnya

Sebelumnya, lembaga riset Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon di Pilkada Medan. Survei itu sendiri digelar pada 8-11 November 2020 dengan melibatkan 810 orang responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Medan.

Roda Tiga Konsultan menyebut survei ini punya margin of error sekitar 3,53% dan confidence level 95%.

"Survei cepat ini meminta responden untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara spesimen," ucap Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Taufiq Arif, kepada wartawan, Jumat (20/11).

Dia mengatakan simulasi ini ditujukan untuk melihat preferensi pemilih terhadap dua paslon, yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman. Hasilnya, Akhyar-Salman meraih 53,1% suara responden dan Bobby-Aulia meraih 37,3% suara responden serta ada 9,6% responden menolak ikut simulasi.

Sumber: detik.com