HETANEWS.COM

Inilah Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan untuk Melestarikan Budaya Nusantara

Cara melestarikan budaya nusantara. Foto: Inno Kurnia/Pixabay

Hetanews.com - Indonesia merupakan negara kepulauan. Karena banyaknya pulau, Indonesia dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Hingga saat ini ada lebih dari 16.000 pulau di Indonesia yang tersebar di 34 provinsi.

Di antaranya banyaknya pulau, ada lima pulau terbesar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Karena luasnya wilayah Indonesia, membuat kita memiliki kebudayaan yang juga beragam.

Masing-masing daerah memiliki ciri khasnya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian adat, hingga lagu daerah. Kebudayaan ini harus tetap di lestarikan di tengah maraknya pengaruh dari budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan untuk melestarikan budaya nusantara di tengah maraknya budaya asing di Indonesia? Berikut adalah hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan budaya nusantara:

1. Mengajarkan budaya ke orang lain

Kalau sudah memahami budaya sendiri, sebaiknya kita menyampaikan hal itu kepada orang lain. Kita bisa mengajarkan budaya kita kepada orang lain, misalnya pada teman di lingkungan rumah atau sekolah.

Dengan mengajarkan budaya kita ke orang lain, maka semakin banyak orang yang mengetahui mengenai budaya nusantara. Sehingga hal ini bisa memperkaya diri sendiri dan orang lain dengan pengetahuan kebudayaan.

Semakin banyak pengetahuan budaya yang dimiliki, maka semakin besar rasa kita untuk saling menghormati kebudayaan orang lain.

2. Memperkenalkan budaya ke negara lain

Selain memperkenalkan budaya sendiri di lingkungan sendiri, kita juga bisa mulai memperkenalkan budaya kita ke luar negeri. Saat ini teknolog semakin canggih. Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa mengunggah foto maupun video kesenian lokal dan budaya daerah Indonesia.

Dengan mengunggah, maka secara tidak langsung sudah memperkenalkan budaya kita ke luar negeri. Hal ini karena yang menggunakan media sosial atau internet tidak hanya orang Indonesia saja, tapi hampir semua orang di dunia.

Memperkenalkan budaya Indonesia di luar negeri juga bisa dengan menggunakan pakaian-pakaian yang mencerminkan budaya Indonesia. Bagi beberapa orang yang sedang bekerja, sekolah, atau liburan ke luar negeri bisa menggunakan baju-baju produk hasil budaya lokal.

3. Tidak terpengaruh budaya asing

Untuk melestarikan budaya sendiri, sebaiknya kita tidak terpengaruh dengan budaya negara lain. Pada era globalisasi saat ini, budaya asing sangat mudah masuk ke tengah kehidupan kita.

Dengan banyak budaya asing yang masuk, sebaiknya kita menjadikan budaya sendiri sebagai identitas diri. Ini juga bisa menjadi peluang untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

Walaupun budaya asing dianggap lebih modern dan lebih gaul, budaya Indoensia juga tidak kalah bagusnya untuk diperkenalkan. Selain tidak terpengaruh budaya asing, sebaiknya kita tetap memilah budaya asing untuk dipelajari. Jangan sampai asal memilih dan menghilangkan budaya sendiri.

Kita boleh mempelajari budaya asing, namun harus dengan cermat. Mengambil sisi positif yang bisa mengembangkan diri kita, tanpa menghilangkan jati diri kebudayaan sendiri.

Sumber: kompas.com

Editor: andi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan